Curangi SKD CASN 2021, Puan Maharani: Jangan Sampai Lolos!

03-11-2021 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. Foto: Kresno/nvl

 

Prihatin dengan peristiwa kecurangan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyatakan kejadian tersebut perlu ditangani dengan serius. Menurut Anggota Fraksi Partai PDI-Perjuangan DPR RI itu, kecurangan itu berpotensi dapat melahirkan aparatur negara yang tidak cakap sekaligus tidak berintegritas.


“Kecurangan dalam seleksi CASN harus diusut tuntas karena tidak hanya merugikan peserta lain, tapi pada akhirnya akan merugikan pelayanan publik,” tanggap Puan dalam keterangan pers kepada Parlementaria di Jakarta, Rabu (3/11/2021). Lebih lanjut, Puan menyatakan harus ada investigasi menyeluruh terhadap kasus kecurangan SKD yang viral di media sosial baru-baru ini.

 

“Kita tidak ingin pelayanan publik menjadi buruk dengan adanya ASN yang lolos tes CASN dari hasil ‘cheating’. Peserta yang ‘cheating’ jangan sampai lolos!” tegas perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR ini. Puan mengatakan evaluasi perlu segera dilakukan terutama terkait sistem dan mekanisme pelaksanaan SKD, termasuk dari segi IT.

 

Puan juga menekankan Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga harus menutup celah kecurangan tes CPNS baik secara teknologi maupun SDM yang bertugas. Di sisi lain, pemerintah perlu juga bertindak dengan memberikan jaminan transparansi pelaksanaan tes CASN kepada masyarakat. Puan ingin pihak penyelenggara tes CASN memperbaiki kekurangan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.


Tidak ingin berputus asa, mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu berharap kecurangan yang telah dilakukan segelintir orang, tidak melunturkan semangat pelaksanaan seleksi CASN Tahun 2021 untuk menghadirkan ASN unggul dan berintegritas.


“Harus ada perbaikan agar kepercayaan masyarakat terhadap seleksi aparatur negara yang jujur dan transparan kembali pulih. Kami yakin pemerintah akan mengambil langkah tegas jika memang ada bukti kecurangan. Peserta yang curang pasti akan diskualifikasi. Semoga kejadian ini pun tidak menghambat tahapan seleksi CPNS selanjutnya,” tutup Puan. (ts/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tangki Kilang Cilacap Terbakar, Puan Maharani: Segera Audit Sistem Pengamanan Kilang Pertamina
15-11-2021 / PIMPINAN
Prihatin dengan insiden terbakarnya tangka kilang di Cilacap pada Minggu (14/11/2021) lalu, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta...
Tutup Piala KBPP Polri, Puan Harap Lahir Bibit Atlet Pesepak Bola
14-11-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menutup turnamen sepakbola Piala Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri usia dini yang...
Rachmat Gobel: Pemda Harus Cari Solusi Atasi Banjir Gorontalo
13-11-2021 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta Pemerintah Daerah Gorontalo harus cepat turun tangan menyelesaikan masalah banjir yang terjadi di...
Panen Padi di Banyuwangi, Puan Dorong Pertanian Dijadikan Agrowisata
12-11-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur dengan turut serta memanen padi...