Selesaikan Uji Kelayakan dan Kepatutan Pekan ini, Puan Sampaikan Harapan dan Tantangan Panglima TNI

05-11-2021 / PIMPINAN

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. Foto: Kresno/Man

 

Komisi I DPR RI akan menuntaskan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa pada akhir pekan ini. Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani berharap proses uji kelayakan dan kepatutan itu menghasilkan Panglima TNI terbaik untuk Indonesia.


“Kita ingin panglima TNI yang baru nanti bisa mewujudkan kekuatan TNI yang disegani di kawasan, yang capable dan kompeten untuk membawa TNI menjadi kekuatan pertahanan yang unggul dan hebat,” jelas Puan dalam keterangan persnya kepada Parlementaria di Jakarta, Jumat (5/11/2021).


Ke depan, Puan mengatakan, Panglima TNI yang terpilih nanti harus memastikan tugas pokok TNI sebagai alat pertahanan negara dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa berjalan dengan sebaik-baiknya. Baginya, peran TNI jadi vital untuk menegakan kedaulatan, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45 akan melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.


Di sisi lain, Anggota Fraksi Partai PDI-Perjuangan DPR RI itu menekankan tantangan TNI kini semakin besar karena Indonesia tidak hanya menghadapi ancaman perang fisik akan tetapi juga ancaman perang cyber yang memanfaatkan kemajuan teknologi, kecerdasan buatan, robotik, dan senjata presisi tinggi.


Ditambah lagi, semakin intensnya globalisasi dan situasi pasca pandemi Covid-19, sekaligus tantangan di bidang pertahanan yang semakin dinamis, Menurut Puan, seorang Panglima TNI dituntut mampu mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis dengan menciptakan terobosan-terobosan baru yang bukan business as usual guna mewujudkan TNI yang profesional dan modern dalam rangka menjamin tetap tegak kedaulatan negara yang dicintai rakyat Indonesia.


Terlepas adanya tantangan dan peluang yang akan dihadapi, ia menegaskan Panglima TNI harus menjaga kesolidan internal demi menjaga NKRI. Hal ini krusial supaya Angkatan Bersenjata Republik Indonesia terpecah belah. “Kepada TNI, kita harus selalu ingat pesan Bung Karno, bahwa Angkatan Bersenjata Republik Indonesia harus kompak dan bersatu. Dan satu-satunya dasar agar supaya Angkatan Bersenjata Republik Indonesia berkompak satu ialah dasar Pancasila. Pegang teguh akan hal ini, saudara-saudara,” tutup Puan. (ts/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tangki Kilang Cilacap Terbakar, Puan Maharani: Segera Audit Sistem Pengamanan Kilang Pertamina
15-11-2021 / PIMPINAN
Prihatin dengan insiden terbakarnya tangka kilang di Cilacap pada Minggu (14/11/2021) lalu, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta...
Tutup Piala KBPP Polri, Puan Harap Lahir Bibit Atlet Pesepak Bola
14-11-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menutup turnamen sepakbola Piala Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri usia dini yang...
Rachmat Gobel: Pemda Harus Cari Solusi Atasi Banjir Gorontalo
13-11-2021 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta Pemerintah Daerah Gorontalo harus cepat turun tangan menyelesaikan masalah banjir yang terjadi di...
Panen Padi di Banyuwangi, Puan Dorong Pertanian Dijadikan Agrowisata
12-11-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur dengan turut serta memanen padi...