BURT Dorong Layanan Joumpa Responsif dan Terapkan Standardisasi

03-12-2021 / B.U.R.T.

Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Rian Firmansyah saat mengikuti Kunjungan Kerja BURT dalam rangka pengawasan layanan Joumpa Airport VIP Service & Lounge di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/12/2021). Foto: Oji/Man

 

Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Rian Firmansyah mendorong layanan Joumpa dari PT Gapura Angkasa lebih responsif dan menerapkan standardisasi protokoler VIP dalam melayani Anggota DPR RI.

 

“Layanan Joumpa ini sudah mulai detail, tapi masih kurang presisi. Tentunya berbicara eksekutif atau VIP ini, ada hal-hal yang detail, karena itu harus sangat presisi dan fast responsifnya harus benar-benar tepat," ungkap Rian saat mengikuti Kunjungan Kerja BURT dalam rangka pengawasan layanan Joumpa Airport VIP Service & Lounge di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/12/2021).

 

Politisi Partai NasDem ini menambahkan, pegawai PT Gapura Angkasa yang memberikan layanan Joumpa juga harus memahami anatomi bandara secara baik. Gaya komunikasi dari SDM Joumpa terhadap konsumen agar bisa menjadi contoh bagi protokoler lainnya, sehingga memberikan kenyamanan pada konsumennya.

 

“Berdasarkan pengalaman saya, standardisasi layanan Joumpa harus merata jangan hanya di beberapa bandara saja, jadi harus merata di seluruh Indonesia. Mereka berhubungan dengan tamu-tamu VIP yang memang kebutuhan dan gaya komunikasi orang yang dilayani berbeda-beda," jelas legislator dapil Jawa Barat II ini.

 

Rian menerangkan, saat Anggota DPR melaksanakan kunjungan kerja ke daerah, ada yang memang bersama rombongan, namun ada juga yang membeli tiket mandiri. Dalam urusan perjalanan kedinasan seperti ini maka big data dari Joumpa itu harus lengkap dan benar, perlu updating data, mengetahui nama-nama Anggota yang hadir dan landing di bandara tersebut.

 

“Saya berharap Joumpa-lah yang harus lebih aktif atau dengan kata lain menjemput bola, enggak menunggu kita yang konfirmasi ke mereka. Sehingga pelayanan yang diberikan BURT melalui Joumpa itu dapat bermanfaat dengan baik," pungkas Anggota Komisi X DPR RI itu.

 

Di lain pihak, Koordinator PT Gapura Angkasa Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Jumhaera menerima dengan baik semua saran dan masukan dari Anggota BURT DPR RI dalam rangka perbaikan pelayanan Joumpa ke depannya. "Melalui Joumpa kami menekankan pelayanan humanis, membantu pengecekan dokumen kesehatan sesuai peraturan yang berlaku sehingga para Anggota DPR RI merasa nyaman saat menggunakan moda transportasi udara," jelasnya.

 

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Otoritas Bandara Wilayah V  Makassar, GM Angkasa Pura 1 Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Kepala Kantor KKP Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Station Manager Garuda Indonesia BO Makassar, Station Manager Citilink Indonesia cabang Makassar dan Station Manager Lion Group cabang Makassar. (oji/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RS Dian Harapan Diminta Komitmen Berikan Pelayanan kepada Peserta Jamkestama
15-08-2022 / B.U.R.T.
Anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Hamid Noor Yasin menilai Rumah Sakit (RS) Dian Harapan Abepura, Papua sudah...
Ketua BURT Yakin RS Dian Harapan Mampu Tangani Pasien VVIP
15-08-2022 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso menyampaikan apresiasi atas kesiapan Rumah Sakit (RS) Dian Harapan...
Achmad Dimyati Apresiasi Perkembangan Kualitas Layanan RS Murni Teguh Medan
13-08-2022 / B.U.R.T.
Wakil KetuaBadan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mengapresiasi perkembangan seluruh fasilitas dan kualitas layanan kesehatan yang...
Dimyati Natakusumah Ajak Media Tingkatkan Kolaborasi Wujudkan Parlemen Modern
05-08-2022 / B.U.R.T.
DPR RI terus berupaya untuk mewujudkan sebagai Parlemen Modern. Banyak cara yang sudah dilakukan salah satunya adalah dengan memperkuat kolaborasi...