Apresiasi Vaksinasi Booster Gratis, Anggota DPR Ingatkan Soal Pendataan

12-01-2022 / KOMISI IX

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena. Foto: Mentari/nvl

 

Pemerintah akan memulai vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) secara gratis mulai, Rabu (12/1). Hal tersebut diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo saat konferensi pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (11/1).

 

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena mengapresiasi langkah tersebut. Namun, Melki mengingatkan pemerintah untuk segera memperbaiki data vaksinasi, agar vaksinasi booster dapat dilaksanakan secara efektif.

 

"Secara teknis, Kementerian Kesehatan mesti mulai mempersiapkan dengan baik berbagai kebutuhan di lapangan. Yang paling mendasar terkait dengan bagaimana merapikan betul soal data vaksinasi yang kita miliki dari seluruh Indonesia," kata Melki dalam siaran persnya, Rabu (12/1/2022).

 

Menurutnya pendataan tersebut mesti dilakukan secara terus menerus. Hal tersebut akan memudahkan dalam melakukan pengawasan agar vaksinasi booster langsung menjangkau terhadap orang yang memang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua.

 

"Kelompok masyarakat rentan juga harus didata. Juga bagi mereka yang memang karena kondisi, karena pekerjaan, karena situasinya, memang perlu juga segera mendapatkan booster, juga perlu segera diformulasikan untuk segara diberikan vaksinasi booster yang kita miliki," tuturnya.

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pemerintah akan melaksanakan vaksinasi tahap kertiga atau Booster pada 12 Januari 2022. Menurut Presiden, upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat Covid-19 yang terus bermutasi.

 

"Adapun syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya," kata Jokowi.

 

Jokowi juga mengingatkan masyarakat tetap berdisiplin menjaga protokol kesehatan, meski telah divaksinasi. Adapun jenis vaksin yang digunakan merk Corona Vac (Sinovac), AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivak. (es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Alih Status Nakes Honorer dan PLKB Non-PNS ke PPPK Harus Perhatikan Anggaran Daerah
20-05-2022 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Suir Syam mengungkapkan bahwa alih status tenaga kesehatan honorer dan tenaga petugas lapangan keluarga berencana...
Legislator Minta Pemerintah Lakukan Evaluasi Sebelum Bicara Peralihan Pandemi ke Endemi
20-05-2022 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani meminta pemerintah tidak perlu gegabah bicara peralihan status pandemi menuju endemi tanpa adanya...
PDSI Dibentuk, Komisi IX Akan Bahas RUU Praktik Kedokteran
19-05-2022 / KOMISI IX
Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran bakal dibahas. Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sari mengatakan,...
Luqman Hakim Nilai Pelonggaran Pemakaian Masker Tanda Keberhasilan Pemerintah Atasi Pandemi
18-05-2022 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Luqman Hakim menilai pelonggaran aturan masker di luar ruangan bagi masyarakat yang baru saja diumumkan...