Gus Muhaimin: Usut Tuntas Temuan Limbah Medis di Selat Bali

03-02-2022 /

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. Foto : Ist/Man

 

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mendesak aparat kepolisian dan dinas terkait untuk mengusut temuan ribuan limbah bekas alat tes antigen di sepanjang pantai di Selat Bali. Jika dilihat dari jumlahnya yang banyak, Gus Muhaimin menduga ada unsur kesengajaan dalam pembuangan limbah medis ke laut.

 

“Saya minta pihak kepolisian mengusut tuntas limbah-limbah itu. Itu sangat bahaya bukan cuma bagi manusia, tapi juga ikan-ikan dan terumbu karang. Sepintas saya lihat itu kayaknya disengaja (dibuang ke laut),” kata Gus Muhaimin di Jakarta, Kamis (3/2/2022).

 

Pimpinan DPR RI Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat ini juga mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan untuk menindak fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang terbukti membuang limbah medis secara sembarangan dengan menangguhkan atau mencabut izin operasional fasyankes.

 

Menurut Gus Muhaimin, limbah medis Rapid Antigen tak kalah berbahaya dari virus Corona, sehingga memerlukan langkah pencegahan dan penindakan tegas bagi siapapun yang dengan sengaja membuang ke sembarang tempat.

 

“Bahaya limbah medis Antigen tidak kalah dengan bahaya Covid. Jadi jangan main-main, apalagi sembarangan membuang limbah-limbahnya ke sembarang tempat. Saya tegaskan ini harus diusut, cari siapa pelakunya dan tindak tegas,” tegas Gus Muhaimin.

 

Sebelumnya ribuan sampah yang tergolong berbahaya ini viral beberapa hari terakhir di Banyuwangi, Jawa Timur. Dua video banyaknya sampah medis itu berserakan di sepanjang pantai Selat Bali diabadikan penumpang yang hendak menyeberang.

 

Video pertama berdurasi 30 detik menunjukkan adanya rapid test kits yang terdiri dari ribuan cotton buds rapid test antigen mengambang. Sementara video kedua, terdapat beberapa rapid test antigen kits yang dibuang dan dibakar di pinggir pantai. (es)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Muhaimin Iskandar Dorong Pemerintah Optimalkan Perlindungan pada PMI
10-08-2022 /
Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memulangkan 190 dari 3.200 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal sebab mengalami beberapa masalah di...
Kasus DBD Melonjak, Muhaimin Iskandar Minta Pemerintah Optimalkan Pelayanan Kesehatan
10-08-2022 /
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mendorong pemerintah untuk mengoptimalkan pelayanan rumah sakit dan fasilitas kesehatan seiring dengan tingginya...
Muhaimin Iskandar Minta Kemensos Tingkatkan Pengawasan Distribusi Bansos
03-08-2022 /
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meminta Kementerian Sosial untuk meningkatkan pengawasan dari pendistribusian bantuan sosial (bansos), baik tunai...
Tangkis Pandemi, Indonesia–Korsel Dukung Kerja Sama Percepatan Pemanfaatan Teknologi Terbaru
30-06-2022 /
Demi mengejar perkembangan teknologi yang kini kian dinamis, Pimpinan DPR RI dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI...