Tegaskan RI Negara Maritim, Gus Muhaimin Dorong Pemerintah Optimalkan SDM Kelautan

21-02-2022 /

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. Foto: Runi/rni

 

 

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri Stadium General bersama Taruna Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perikanan dan Kelautan Puger, Jember, Minggu (20/2/2022). Gus Muhaimin mengapresiasi prestasi dan kemajuan SMK tersebut yang luar biasa, sebab lulusannya juga bisa langsung diterima di dunia kerja bahkan hingga ke luar negeri.

 

“Saya bersyukur dan bangga atas kemajuan dan prestasi SMK Perikanan dan Kelautan ini. Ini merupakan pilihan yang tepat sebagai negara maritim, sebagai negara yang prosentase kelautan yang jauh lebih besar dibanding daratannya,” kata Gus Muhaimin dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria, Senin (21/2/2022).

 

Menurut Gus Muhaimin, SMK Perikanan dan Kelautan merupakan wadah pendidikan yang sangat penting bagi masyarakat, terutama kaum muda. Gus Muhaimin menilai kesadaran bahwa Indonesia merupakan negara maritim harus terus dikembangkan dengan cara rekrutmen SDM yang tangguh.

 

Dengan begitu, Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu optimis Indonesia bisa berjaya dan kaya raya jika mampu memanfaatkan potensi besar lautnya. “Kita masih terus membutuhkan SDM-SDM yang tangguh, yang bisa membuat Indonesia kaya raya dari laut kita tercinta,” tutur Gus Muhaimin.

 

Karena itu Gus Muhaimin mendorong pemerintah untuk memberikan porsi perhatian yang lebih besar terhadap pembangunan SDM Kelautan dan Perikanan Indonesia. “Saya minta pemerintah memberi perhatian sungguh-sungguh dalam pembangunan SDM kelautan. SDM kelautan bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi bangsa kita,” ujar Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

 

Gus Muhaimin menambahkan, kesadaran bahwa Indonesia adalah negara kelautan diprakarsai oleh KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat menjadi Presiden ke-IV RI. Menurutnya Gus Dur sampai mendirikan Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) karena sadar bahwa Indonesia adalah negara maritim.

 

“Sebagai negara dengan kelautan yang besar, Gus Dur menetapkan pertama kalinya Indonesia harus memiliki orientasi pembangunan kelautan. Bahkan Gus Dur akhirnya mendirikan KKP. Lalu Indonesia tidak hanya beroirentasi pada daratan, tetapi justru kelautan,” ungkap legislator daerah pemilihan Jawa Timur VIII itu.

 

Gus Muhaimin juga menyerahkan bantuan perahu kepada nelayan Puger, Jember. Gus Muhaimin juga menyempatkan diri meninjau berbagai fasilitas SMK Perikanan dan Kelautan Puger. Ia hadir didampingi Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Anggota Komisi IX DPR RI Nur Yasin, Anggota Komisi I DPR RI Syaiful Bahri Anshori, Anggota DPRD Jawa Timur Umi Zahrok, serta sejumlah Anggota DPRD Jember F-PKB. (sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Punya Potensi dan Energi Besar, Gus Muhaimin Minta Negara Genjot Stimulus Bagi Anak Muda
13-08-2022 /
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meminta negara untuk berperan aktif memberikan stimulus kepada generasi muda Indonesia. Gus Muhaimin,...
Muhaimin Iskandar Dorong Pemerintah Optimalkan Perlindungan pada PMI
10-08-2022 /
Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memulangkan 190 dari 3.200 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal sebab mengalami beberapa masalah di...
Kasus DBD Melonjak, Muhaimin Iskandar Minta Pemerintah Optimalkan Pelayanan Kesehatan
10-08-2022 /
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mendorong pemerintah untuk mengoptimalkan pelayanan rumah sakit dan fasilitas kesehatan seiring dengan tingginya...
Muhaimin Iskandar Minta Kemensos Tingkatkan Pengawasan Distribusi Bansos
03-08-2022 /
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meminta Kementerian Sosial untuk meningkatkan pengawasan dari pendistribusian bantuan sosial (bansos), baik tunai...