Misbakhun Dorong Pemulihan Ekonomi Kaltim

22-02-2022 / KOMISI XI

Foto bersama tim kunjungan kerja reses Komisi XI DPR di Kota Balikpapan, Kaltim, Senin (21/2/2022).). Foto: Tn/Prima

 

Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun mendorong pemerintah untuk melakukan pemulihan atau recovery ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Ia menilai Kaltim merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mengalami dampak ekonomi cukup parah.

 

“Kita datang ke Kaltim untuk melihat langsung proses recovery ekonomi akibat pandemi Covid-19. Apalagi Kaltim salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam yang melimpah,” kata Misbakhun di sela-sela mengikuti agenda kunjungan kerja reses Komisi XI DPR di Kota Balikpapan, Kaltim, Senin (21/2/2022).

 

Misbakhun menuturkan inflasi Kaltim pada Desember 2021 tercatat 2,15 persen (yoy), relatif terus mengalami peningkatan selama tahun 2021. Hal ini menandakan daya beli/konsumsi masyarakat tetap terjaga di tengah pandemi Covid-19. Selain itu, kebijakan pemerintah melalui jaring pengaman sosial berupa bantuan langsung tunai maupun non tunai berdampak positif pada perekonomian masyarakat.

 

“Berdasarkan data memang mengalami peningkatan sepanjang tahun 2021, namun kita tidak bisa berharap banyak apalagi saat ini pandemi virus Omicron itu masih ada. Saya berharap dengan dipilihnya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) yang baru dapat menumbuhkan ekonominya dalam segala sektor termasuk jasa, perdagangan dan konstruksi,” tambah Misbakhun.

Politisi partai Golkar tersebut optimis di tahun 2022 perekonomian Kaltim tumbuh lebih tinggi dibandingkan 2021 yang didorong oleh semakin pulihnya aktivitas masyarakat di Kaltim dan ditopang vaksinasi yang kian masif serta peningkatan kinerja industri pengolahan dan konstruksi.

 

“Bukan hanya semakin berkembang di tahun 2022, tapi di masa depan Kaltim akan menjadi pusat ekonomi baru dalam segala sektor yang ditambah dengan kekayaan alam yang sangat banyak. Sehingga bisa disimpulkan Kaltim akan menjadi salah satu pusat perekonomian terbesar di Indonesia,” harap legislator dapil Jatim II ini. (tn/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Andreas Eddy Susetyo Dukung GNPIP Gotong-Royong Kendalikan Inflasi Pangan
12-08-2022 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo mendukung terbentuknya Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dalam rangka gotong-royong mengendalikan...
Peringati Hari Pemuda Internasional, Puteri Komarudin Serukan Pesan Solidaritas Antargenerasi
12-08-2022 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin serukan pentingnya memperkuat solidaritas dan kerja sama pemuda antargenerasi guna hadapi tantangan...
Pemerintah Perlu Perkuat Sektor Pertanian Guna Hadapi Resesi Ekonomi
10-08-2022 / KOMISI XI
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi meminta pemerintah untuk memperkuat sektor pertanian guna menghadapi resesi ekonomi. Penguatan sektor...
Puteri Komarudin: Kuartal II 2022 Tumbuh Positif, Pemulihan Ekonomi Terus Berlanjut
08-08-2022 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin menilai momentum pemulihan ekonomi terus berlanjut dan semakin menguat di tengah kondisi ketidakpastian...