Kunjungi Pesantren Buntet Cirebon, Gus Muhaimin Rajut Spirit Perjuangan Kiai Abbas

27-02-2022 /

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri Haul KH. Abbas sekaligus doa bagi  almarhumim almarhumat Masyayikh dan Warga Pondok Buntet Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (26/2/2022). Foto: Ist/Man

 

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri Haul KH. Abbas sekaligus doa bagi  almarhumim almarhumat Masyayikh dan Warga Pondok Buntet Pesantren Buntet, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (26/2/2022). Ia bersyukur bisa turut hadir dalam haul tersebut sekaligus menjalin silaturahim dengan para masyayikh Buntet.

 

“Alhamdulillah saya bersyukur bisa ikut hadir dan diberi kesempatan memberikan sambutan dalam Haul Kiai Abbas. Selain memperingati haul dengan doa dan berharap berkah, kita juga bisa menyambung terus tali perjuangan para masyayikh,” kata Gus Muhaimin, dalam keterangan persnya, Minggu (27/2/2022).

 

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) itu menyatakan, jejak perjuangan Kiai Abbas semasa hidup memang tidak dapat diragukan. Meski tidak pernah bertatap muka langsung, Gus Muhaimin mengaku spirit perjuangan Kiai Abbas akan terus dikenang sepanjang masa.

 

“Haul juga forum yang paling penting untuk merajut tali perjuangan, amanah perjuangan poro masyayikh poro kiai-kiai, spirit perjuangan, wabil khusus Kiai Abbas yang sangat monumental dan penuh historis dalam kehidupan bangsa,” tutur politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

 

Di sisi lain, Gus Muhaimin bersyukur bisa menjadi salah satu orang yang pernah sowan, mendapatkan doa dan nasihat secara langsung dari putra Kiai Abbas, KH. Abdullah Abbas semasa hidup. Ia berharap seluruh doa dan nasihat Kiai Abdullah Abbas dapat terus dia amalkan dalam setiap langkah perjuangannya.

 

Gus Muhaimin juga mengenang Kiai Abbas sebagai sosok kharismatik dan penuh teladan bagi seluruh santri dan juga masyarakat secara umum. Maka dari itu ia tak heran haul Kiai Abbas selalu dihadiri ratusan hingga ribuan warga. “Itu karena Kiai Abbas dan para masyayikh selalu berjuang dan mengabdi pada Islam, kepada Ahlussunnah wal Jemaah, kepada NKRI dan kepada bangsa kita,” ungkap Gus Muhaimin.

 

Mewakili tuan rumah, Pengasuh Ponpes Buntet KH. Anis Mansyur menyambut baik kehadiran Gus Muhaimin bersama rombongan, antara lain Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dan Anggota Komisi III DPR RI Cucun A Syamsurijal. “Sebuah kehormatan Gus Muhaimin, hadir di tengah-tengah kita. Dulu kita mengenal beliau sebagai Cak Imin, lalu Gus AMI, lalu Gus Muhaimin, tapi setelah pulang dari Buntet kita panggil beliau Gus Muhaimin Iskandar,” kata Kiai Anis.

 

Haul tersebut juga dihadiri oleh sejumlah Kiai, alumni, santri dan masyarakat umum. Nampak terlihat pengasuh Ponpes Lirboyo Kediri KH. Reza Ahmad Zahid sekaligus didapuk memberikan mauizah hasanah. Acara juga dirangkai dengan doa dan tahlil. (sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Gus Muhaimin Kecam Pembakaran Alquran di Swedia
24-01-2023 /
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengecam insiden pembakaran Alquran yang dilakukan oleh ekstrimis sayap kanan Swedia-Denmark di depan...
Pemerintah Didorong Libatkan Organisasi Mahasiswa dan Pemuda Dalam Peningkatan 'Skill' Generasi Muda Indonesia
19-01-2023 /
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar mendorong pemerintah untuk semakin proaktif melibatkan elemen organisasi kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan dalam program...
Gus Muhaimin Dukung Penuh Revisi UU Desa Masuk Prolegnas Prioritas
18-01-2023 /
Ribuan Kepala Desa melakukan unjuk rasa menuntut revisi bagi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, di halaman Gedung DPR...
Pimpinan DPR Minta PT GNI Diaudit Total Pasca Bentrok Antar Karyawan
18-01-2023 /
Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar meminta pemerintah untuk melakukan audit total di PT...