Forum IPU ke-144, Darul Siska Ajak Semua Pihak Kerjasama Tangani Pandemi

22-03-2022 / B.K.S.A.P.

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Darul Siska saat menghadiri 'Workshop on Health Security Preparedness' bersama WHO di BICC, Bali, Selasa (22/3/2022). Foto: Pco/Man

 

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Darul Siska mendorong kerja sama semua pihak baik pemerintah, DPR, maupun masyarakat untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi dunia. Dengan adanya kerja sama dari semua pihak, Darul Siska berharap pandemi segera usai dan bisa beralih ke endemi.

 

"Dengan kerja sama semua pihak, pihak pemerintah, pihak masyarakat, pihak DPR dan tenaga kesehatan yang hari ke hari tanpa mengenal lelah bekerja untuk vaksinasi dan memberikan perawatan kepada orang yang terkena virus, Insya Allah kita lebih cepat keluar dari pandemi dan dalam waktu yang tidak terlalu lama sudah bisa menganggap ini endemi," kata Darul kepada Parlementaria usai menghadiri 'Workshop on Health Security Preparedness' bersama WHO di BICC, Bali, Selasa (22/3/2022).

 

Seperti yang diketahui, workshop itu merupakan rangkaian acara Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144. Adapun menurut Darul, Indonesia sebenarnya termasuk dalam negara yang baik dalam penanganan pandemi. Hal tersebut dapat dilihat dari pemberian vaksinasi kepada masyarakat yang dinilai cukup cepat dalam mencapai tujuan herd immunity.

 

"Sebentar lagi kita akan punya vaksin sendiri dan ini juga akan menjadi sumbangsih bagi negara kita dan sumbangsih bagi dunia bahwa, kita sudah punya vaksin yang bisa juga menjadi milik dunia," imbuh legislator yang juga merupakan Anggota Komisi IX DPR RI tersebut.

 

Untuk itu, Darul mengingatkan baik kepada pemerintah dan legislatif untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi dalam rangka mengatasi pandemi. Sebab menurutnya tidak semua masyarakat mudah diyakinkan untuk melakukan vaksinasi.

 

“Oleh karena itu, kita minta kerjasama semua pemerintah daerah dan juga semua anggota DPR, DPRD dikala turun bertemu dengan konstituennya ikut memasyarakatkan bagaimana pentingnya vaksin, bagaimana pentingnya protokol kesehatan dalam rangka kita mengatasi pandemi yang dihadapi oleh bangsa kita," sebut Darul.

 

Lebih lanjut, politisi fraksi Golkar ini berharap peluncuran handbook mengenai Peraturan Kesehatan Internasional yang merupakan kolaborasi antara WHO dan IPU dapat menjadi sumbangsih anggota parlemen dari seluruh dunia dan WHO kepada dunia untuk dapat menghadapi pandemi kedepan.

 

"Handbook itu sebetulnya merupakan intisari dari pengalaman kita menangani pandemi Covid-19 sekarang, dan itu bisa dijadikan sebagai acuan bila kemudian nanti kita mengalami pandemi lagi. Jika kita menghadapi pandemi, kita tidak lagi kaget, tidak lagi gagap, tapi kita sudah punya langkah-langkah yang tepat untuk menghadapinya," harapnya. (bia/aha)

 

#IPU144

#ZeroEmission

#StopClimateChange


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BKSAP Sambut 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Slovakia, Pererat Berbagai Kerja Sama
19-08-2022 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menerima kunjungan Duta Besar Republik Slovakia untuk...
Indonesia-Iran Perkuat Hubungan Kerja Sama Bidang Teknologi dan Kesehatan
15-08-2022 / B.K.S.A.P.
  Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Iran Nihayatul Wafiroh menerima Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad. Dalam pertemuan...
Syahrul Aidi Curigai Serangan Israel pada Palestina Bermuatan Politik
10-08-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI Indonesia-Palestina Syahrul Aidi Maazat mencurigai serangan yang kembali dilakukan Israel ke Palestina...
DK PBB Harus Merumuskan Perlindungan Berkelanjutan Bagi Warga Gaza
09-08-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mendesak komunitas global terutama DK PBB harus merumuskan perlindungan...