Temui Parlemen Pakistan dan Belgia, Mardani Berharap Peningkatan Kerja Sama Bidang Pendidikan

23-03-2022 / B.K.S.A.P.

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) Mardani Ali Sera usai menemui delegasi parlemen Pakistan di BICC, Bali, Rabu (22/3/2022). Foto: Andri

 

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) Mardani Ali Sera melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara di sela agenda sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144. Delegasi negara yang ditemui Mardani diantaranya adalah delegasi Parlemen Pakistan dan Belgia.

 

Dalam pertemuan dengan delegasi Parlemen Pakistan, Mardani mengungkap ada lima hal yang menjadi fokus pembicaraan. Pertama, adalah mengenai keinginan dari parlemen Pakistan untuk membentuk Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) dengan Indonesia.

 

"Parlemen Pakistan  sudah punya (grup kerja sama bilateral), dia minta Indonesia juga segera membentuk, dan kami directly agree karena memang Pakistan sama Indonesia. Pakistan negara besar, kita negara besar, kita punya hubungan sejarah yang kuat," ungkapnya kepada Parlementaria usai menemui delegasi parlemen Pakistan di BICC, Bali, Rabu (22/3/2022).

 

Kepada Mardani, Parlemen Pakistan juga berharap pembentukan forum perempuan parlemen dengan Indonesia. Sebab, di negara-negara berkembang, perempuan memang memerlukan dukungan lebih. Untuk itu, nantinya parlemen Indonesia menyambut baik keinginan Parlemen Pakistan tersebut.

 

Selain itu, kedua negara dalam pertemuan tersebut juga saling berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai bagaimana masing-masing negara menangani perubahan iklim. Parlemen Pakistan dalam hal ini, berharap dapat mengambil pengalaman dari Indonesia.

 

Diketahui, Indonesia sendiri memiliki target mengurangi emisi sebanyak 29 persen pada 2030. "Tadi mereka terkesan tidak ketemu plastik di acara IPU, botolnya kaca, gelas minumnya dari paper sehingga buat mereka ini satu pengalaman yang menarik," imbuhnya.

 

Hal lain yang menjadi fokus pembicaraan dalam pertemuan tersebut adalah kerja sama dalam pemulihan ekonomi dan penanganan kesehatan, serta kerja sama dalam sektor pendidikan, seperti pertukaran pelajar.

 

"Kami tadi angkat tentang bebas visa, di pemerintah kita yang sudah memberikan ke 135 negara, berharap dari situ banyak negara memberikan bebas visa ke Indonesia sehingga memudahkan anak muda kita warga negara kita untuk berinteraksi dengan budaya lainnya," sebut politisi PKS ini.

 

Ketika bertemu dengan delegasi Parlemen Belgia, Mardani berharap, ada peningkatan kerja sama di sektor pendidikan. Sebab, di Belgia terdapat beberapa perguruan tinggi yang masuk dalam peringkat 100 universitas terbaik di dunia.

 

"Karena Belgia walaupun kecil tapi punya banyak universitas yang masuk dalam 100 perguruan tinggi terbaik se-dunia. Tadi dia bahagia, dan dia menegaskan tentang education, sport, and culture di Belgia," kata Mardani.

 

Terakhir, dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua negara mengapresiasi penyelenggaraan sidang IPU ke-144 di Indonesia. Baik Pakistan maupun Belgia menilai, penyelenggaraan IPU kali ini merupakan yang paling berkesan. "Hospitality-nya buat mereka sangat berkesan, jadi mereka sangat terhormat bisa hadir, karena itu yang berkesan di Bali," tutupnya. (bia/es)

 

#IPU144
#ZeroEmission
#StopClimateChange


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Syahrul Aidi Curigai Serangan Israel pada Palestina Bermuatan Politik
10-08-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI Indonesia-Palestina Syahrul Aidi Maazat mencurigai serangan yang kembali dilakukan Israel ke Palestina...
DK PBB Harus Merumuskan Perlindungan Berkelanjutan Bagi Warga Gaza
09-08-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mendesak komunitas global terutama DK PBB harus merumuskan perlindungan...
BKSAP Desak DK PBB Bentuk Pasukan Perdamaian untuk Palestina
09-08-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mengutuk keras serangan terbaru Israel kepada warga Palestina. Ia...
Fadli Zon: Prangko Identitas Negara dan Sarana ‘Second Track Diplomacy’ Antarwarga
05-08-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menilai kehadiran prangko dapat menjadi identitas suatu negara, seperti...