Parlemen Indonesia dan Inggris Dukung Transisi Energi Fosil Menuju EBT yang Efektif

22-03-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menerima pewakilan Parlemen Inggris di sela-sela rangkaian Inter-Parliamentary Union (IPU). Dalam pertemuan tersebut, baik Parlemen Indonesia dan Parlemen Inggris berbagi pengalaman penerapan transisi energi dari fosil menuju energi baru terbarukan (EBT).
 
 
“DPR RI melalui BKSAP DPR RI telah menerbitkan dokumen yang di dalamnya membahas meningkatkan akses dan partisipasi publik untuk mempromosikan pertumbuhan yang ramah lingkungan,” ujar Fadli Zon dalam pertemuan bilateral dengan Parlemen Inggris di Bali International Convention Center Nusa Dua, Bali, Selasa (22/3/2022). 
 
 
Lebih lanjut, Politisi Partai Gerindra itu mengapresiasi ketertarikan Parlemen Inggris yang ingin bekerja sama dengan Parlemen Indonesia untuk mengurangi laju deforestasi sekaligus meningkatkan percepatan deforestasi. Di sisi lain, ia menyampaikan kini Indonesia berupaya memanfatkan energi  alternatif seperti energi geotermal d anenergi surya untuk menggantikan energi fosil.
 
 
Walaupun menghadapi sejumlah tantangan, ia optimis dengan berbagai upaya yang sedang diusahakan. Sejalan dengan tema IPU ke-144 ‘Getting to Zero: Mobilizing Parliaments to Act on Climate Change’, dirinya berharap berbagai elemen, mulai pemerintah tingkat pusat hingga masyarakat mendukung transisi energi di Indonesia.
 
 
Sebagai informasi, pada pertemuan bilateral tersebut, perwakilan Parlemen Indonesia dihadiri oleh Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (F-Golkar) yang turut didampingi oleh Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana (F-Demokrat), dan Para Anggota BKSAP DPR RI Hasbi Anshory (F-NasDem), Dyah Roro Esti (F-Golkar), serta Primus Yustisio (F-PAN).
 
 
Sedangkan, perwakilan Parlemen Inggris dihadiri oleh Chair of British Group Inter-Parlimentary Union Harriet Baldwin, yang didampingi oleh Karen Bradley, Richard Holden, Anna McMorrin, Rennard, dan Dan Carden. (ts/aha)
 
 
#IPU144
#ZeroEmission
#StopClimateChange

  • SHARES
BERITA TERKAIT
BKSAP Sambut 30 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Slovakia, Pererat Berbagai Kerja Sama
19-08-2022 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana menerima kunjungan Duta Besar Republik Slovakia untuk...
Indonesia-Iran Perkuat Hubungan Kerja Sama Bidang Teknologi dan Kesehatan
15-08-2022 / B.K.S.A.P.
  Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI-Iran Nihayatul Wafiroh menerima Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Azad. Dalam pertemuan...
Syahrul Aidi Curigai Serangan Israel pada Palestina Bermuatan Politik
10-08-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI Indonesia-Palestina Syahrul Aidi Maazat mencurigai serangan yang kembali dilakukan Israel ke Palestina...
DK PBB Harus Merumuskan Perlindungan Berkelanjutan Bagi Warga Gaza
09-08-2022 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mendesak komunitas global terutama DK PBB harus merumuskan perlindungan...