Komisi V Sambangi Bandara Minangkabau, Pantau Kesiapan Sarpras Hadapi Mudik Lebaran

07-04-2022 / KOMISI V

Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI dipimpin oleh Anggota Komisi V DPR RI Bambang Hermanto meninjau langsung kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) transportasi arus mudik Lebaran tahun 2022 di Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar. Foto : Devi/mr

 

Anggota Komisi V DPR RI Bambang Hermanto memimpin Tim Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi V DPR RI ke Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Kunker kali ini tim menggelar pertemuan dengan sejumlah stakeholder mitra kerja komisi serta meninjau langsung kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) transportasi arus mudik Lebaran tahun 2022 di Bandara Internasional Minangkabau, Sumbar. 

 

"Hari ini kami berkunjung Bandara Internasional Minangkabau Sumatera Barat dalam rangka kita ingin melihat secara langsung bagaimana kesiapan para stakeholder pemangku kebijakan mengelola bandara dalam rangka menghadapi mudik lebaran di tahun 2022 ini," kata Bambang saat kunker berlangsung di Padang, Sumatera Barat, Kamis (7/4/2022).

 

Menilik hasil survei dari Kementerian Perhubungan, kata Bambang, kurang lebih ada sekitar 79,4 juta jiwa akan melaksanakan mudik ke masing-masing daerahnya. Dari total tersebut sekitar 1,8 juta jiwa akan kembali ke kampung halamannya di Sumatera Barat. Dan dari jumlah 1,8 juta jiwa itu 75 persennya akan menggunakan transportasi darat.

 

"Terkait hal itu tentu ini memerlukan kesiapan-kesiapan yang khusus dalam rangka bagaimana kita bisa memberikan pelayanan yang baik, keselamatan dan kenyamanan, serta tercapainya mudik sehat,” sebutnya. Sementara dari paparan yang disampaikan para mitra kerja komisi, seluruh pihak sudah memahami apa yang harus mereka kerjakan.

 

“Saya kira mereka sudah bisa mengantisipasi. Oleh karena itu saya berharap apa yang sudah disampaikan tadi benar-benar bisa diimplementasikan oleh stakeholder mitra kerja kami didalam menghadapi musim mudik lebaran ini," tutur Bambang.

 

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah memberikan apresiasi yang tinggi kepada Komisi V DPR RI. Dimana Komisi V DPR RI telah melakukan evaluasi terhadap kesiapan sarana prasarana transportasi, baik darat, laut, maupun udara yang ada di Sumatera Barat dalam menghadapi kegiatan mudik lebaran. 

 

"Kami di Sumatera Barat juga berusaha untuk mempersiapkan fasilitas lainnya seperti jalan, pengamanan di jalan, serta potensi bencana longsor dan lain sebagainya agar pelaksanaan kegiatan mudik bisa berjalan dengan lancar. Kita juga bersama pihak kepolisian telah membuat posko-posko mudik, serta memerintahkan kepada para stakeholder terkait lainnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik," terang Mahyeldi.

 

Dikatakannya, pada prinsipnya pemerintah provinsi sangat siap untuk menunggu dan menerima kedatangan para pemudik maupun wisatawan. Pihaknya juga berterima kasih kepada Komisi V DPR RI atas dukungannya terkait usulan untuk membuka kembali jalur penerbangan Malaysia-Padang serta penerbangan umrah dan haji.

 

Sebagai upaya pengendalian angka covid 19, kepada para pemudik Mahyeldi berpesan agar tetap disiplin mentaati protokol kesehatan. “Dengan langkah-langkah ini kedepan maka potensi peningkatan covid-19 di Sumatera Barat bisa di cegah," pungkasnya. (dep/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi V Minta Kemenhub Evaluasi Skema BTS
29-06-2022 / KOMISI V
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengevaluasi kebijakan subsidi layanan umum massal dalam skema Buy The...
RDP Komisi V Sepakati Agar Program di Dirjen Bina Marga dan Bina Konstruksi Lebih Konkret
29-06-2022 / KOMISI V
Ketua Komisi V DPR RI Lasarus memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Eselon I Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat...
Komisi V Bahas Pelaksanaan Anggaran Dirjen Cipta Kerja dan Perumahan Kementerian PUPR
29-06-2022 / KOMISI V
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V dengan dengan Dirjen Cipta Karya...
Novita Wijayanti Soroti Permasalahan Perumahan di Pusat Kota
29-06-2022 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti memaparkan, permasalahan yang penting pada sektor perumahan dan permukiman di Indonesia ini adalah...