Berhasil Kembali Raih Laba, Legislator Apresiasi Kinerja Krakatau Steel

11-04-2022 / KOMISI VI

Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto. Foto: Oji/nvl

 

Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto mengapresiasi kinerja PT Krakatau Steel dalam usaha perbaikan manajemen perusahaan dan produksi. Menurutnya, dari paparan yang disampaikan Direktur Utama PT Krakatau Steel kepada Komisi VI DPR RI, kinerja perusahaan sudah membaik dari tahun-tahun sebelumnya, di mana sebelumnya perusahaan terus merugi.

 

“Sekarang dengan berbagai efisiensi dan transformasi dari korporasi, kita melihat (Krakatau Steel) sudah ada keuntungan. Tentu kita apresiasi dengan kinerja itu,” ujar Adisatrya kepada Parlementaria setelah menghadiri Rapat Dengar Pendapat Komisi VI dengan Dirut PT Krakatau Steel, di Gedung Nusantara 1, Senayan, Jakarta, Senin (11/4/2022). Rapat membahas terkait kondisi industri baja nasional.

 

Politisi PDI-Perjuangan itu menyarankan kepada manajemen PT Krakatau Steel untuk sebaiknya fokus pada rencana-rencana di masa depan untuk meningkatkan kinerja korporasi. Adisatrya optimis perusahaan tersebut masih mampu memaksimalkan kinerja terlebih jika nantinya didukung dengan berbagai regulasi yang sejalan dengan penguatan industri Baja di Indonesia, salah satunya adalah pembatasan impor baja.

 

“Karena kami melihat peningkatan-peningkatan sebenarnya masih bisa dimaksimalkan dengan dukungan regulasi misalnya supaya impor tidak terlalu mudah masuk ke Indonesia. Juga tadi kita lihat utilisasi pabrik dan industri baja pada umumnya kan masih sangat rendah. Itu kan masih bisa ditingkatkan lagi supaya utilisasi semakin meningkat seharusnya operasi juga makin efisien sehingga baja kita kedepan juga lebih kompetitif,” pungkas legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah VIII ini.

 

Sebelumnya, Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim memaparkan bahwa produsen baja terbesar di Indonesia tersebut kembali meraih laba dalam dua tahun terakhir setelah 8 tahun sebelumnya selalu mengalami kerugian. Ia memaparkan, penjualan produk Krakatau Steel mencapai 2,1 miliar dollar AS atau Rp31 triliun. Sementara dari sisi keuntungan sebesar 62 juta dollar AS atau sekitar Rp900 miliar.

 

“Bila dibandingkan dari 2020 penjualan meningkat 59 persen, kemudian juga keuntungan meningkat hampir 3 kalinya dan ini tidak lepas daripada dukungan dari Kementerian BUMN, kemudian juga Parlemen, dan juga kementerian-kementerian terkait dalam upaya mendukung proses transformasi di Krakatau Steel,” papar Silmy di hadapan Komisi VI DPR RI. (uc/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Wujudkan Kedaulatan Pangan, Sondang Tampubolon Minta BUMN atasi Kelangkaan Pupuk
24-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tiar Debora Tampubolon meminta kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) Provinsi Jawa Timur untuk dapat...
Kunjungi PT Pupuk Indonesia, Komisi VI Soroti Kelangkaan Pupuk
24-06-2022 / KOMISI VI
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke PT Pupuk Indonesia...
Adisatrya Suryo Apresiasi Kinerja PTPN
23-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto mengapresiasi kinerja (performance) PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN yang bisa meningkatkan...
Legislator Dukung Implementasi Transformasi Industri Gula PTPN
22-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi mendukung implementasi tranformasi industri gula PT Perkebunan Nusantara agar segera direalisasikan untuk meningkatkan produksinya....