Kementerian BUMN Diminta Lakukan Persiapan Matang hadapi Momen Lebaran

20-04-2022 / KOMISI VI

Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina. Foto: Dok/Man

 

Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina mengatakan, Pertamina sebagai lembaga BUMN strategis dalam pengelolaan Bahan Bakar Minyak yang menjadi tumpuan seluruh masyarakat Indonesia atas kebutuhan energi, terutama untuk transportasi, diharapkan memiliki kebijakan yang akurat terkait distribusi BBM jelang Lebaran.

 

“Saya sangat mengharapkan, agar ada kebijakan yang akurat akan distribusi BBM dalam menghadapi Hari Raya Idulfitri 2022 ini. Dapat dipastikan, lonjakan penumpang akan signifikan akibat berbagai even besar BUMN Pariwisata. Ditambah lagi dalam waktu dekat budaya mudik lebaran sudah di depan mata," tutur Nevi dalam keterangan persnya kepada Parlementaria, Rabu (20/4/2022).

 

Selain itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut berharap pada Pertamina yang telah membentuk satgas  Ramadan dan Idul Fitri, agar mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM sebesar 11 persen, elpiji sebesar 6 persen serta kebutuhan bahan bakar pesawat udara avtur sebesar 4 persen tidak menjadi kendala.

 

“Perlu diperhatikan betul, bahwa distribusi BBM baik jenis gasoline maupun gas oil serta LPG baik PSO maupun Non PSO yang dilakukan Pertamina untuk menghadapi kebutuhan hari raya Idulfitri, jangan sampai terjadi lagi kelangkaan BBM seperti yang pernah terjadi di beberapa wilayah Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, hingga Sumatera Utara pada bulan Maret yang lalu. Ketatnya pengawasan agar tidak terjadi penyelewengan stok BBM menjadi kunci lancarnya distribusi BBM di seluruh wilayah Indonesia," kata Nevi.

 

Sementara terhadap BUMN Pariwisata, ia menekankan agar pada momen idul fitri ini memberikan kesempatan supaya UMKM semakin maju dan berkembang. Kemajuan sektor pariwisata harus dapat dirasakan oleh masyarakat lokal, khususnya UMKM daerah setempat. Untuk itu Nevi berharap agar pihak PT PLN (Persero) juga bisa mendukung hal ini dengan menyiapkan pasokan listrik yang cukup bagi pelaksanaan berbagai even UMKM yang dilaksanakan oleh BUMN Pariwisata.

 

Kepada PT Angkasa Pura II, Nevi meminta agar perusahaan ini fokus menjaga standar layanan, keamanan dan keselamatan. AP II juga diminta fokus pada penataan 3 aspek yang saat ini sudah mulai dilakukan, yakni aspek personal bandara, operasional bandara dan sistem penerbangan.

 

“Kita semua berharap, moment Lebaran tahun 2022 ini sukses dan lancar bagi seluruh rakyat Indonesia. Pemerintah dan rakyatnya makin harmonis, masyarakat sesama anak bangsa saling rukun dan saling memaafkan demi Indonesia yang damai dan bermartabat," tutup legislator dapil Sumatera Utara II tersebut. (dep/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Subardi: Pembangunan Pariwisata Jangan Hanya Fokus pada Infrastruktur Fisik
12-08-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Subardi menegaskan, pariwisata bukan hanya berbicara tentang pengembangan infrastruktur fisik seperti dukungan bandara, jalan, hotel,...
Andre Rosiade Soroti Beda Suara Menteri Soal Wacana Kenaikan Harga Mi Instan
11-08-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade meminta menteri-menteri tidak membuat bingung rakyat akibat perbedaan pendapat. Ini menyusul isu terkait...
Pembangunan Daerah Terdepan dan Terluar Butuh Keberpihakan Pemerintah Pusat
11-08-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuarina menegaskan bahwa pembangunan daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T) membutuhkan keberpihakan pemerintah pusat....
Husein Fadlulloh: Digitalisasi Layanan Informasi Bantu Bertumbuhnya UMKM
10-08-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Husein Fadlulloh mengungkapkan digitalisasi layanan informasi dan komunikasi perlu dibangun untuk membantu mendorong bertumbuhnya...