Komisi X Apresiasi Pengembangan SMKN 6 Yogyakarta Berbasis Industri

20-04-2022 / KOMISI X

Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah saat mengikuti kunjungan kerja reses Komisi X DPR RI meninjau kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 6 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (18/4/2022). Foto: Andri

 

Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengapresiasi SMK Negeri 6 Yogyakarta sebagai salah satu sekolah yang sukses melaksanakan Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK). Ledia mengatakan, program SMK PK memberikan perubahan pada proses pembelajaran yang semakin link and match dengan dunia industri. Manfaat yang dirasakan adanya perubahan pola pikir dari guru, karyawan, siswa, serta orang tua dalam memahami serta menjalankan visi dan misi sekolah.

 

“Perubahan yang sangat signifikan dari program SMK PK juga terdapat dalam hal penyusunan kurikulum bersama industri, peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM guru, tersedianya sarana prasarana advance workshop standar industri,” kata Ledia saat mengikuti kunjungan kerja reses Komisi X DPR RI meninjau kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 6 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (18/4/2022).

 

Lebih lanjut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan kemitraan yang dibangun dengan industri sangat baik serta peran leader (kepala sekolah) menjadi kunci kesuksesan SMKN 6 Yogyakarta untuk mendapatkan kepercayaan dari industri. Menurut Ledia, meyakinkan industri untuk bekerja sama hingga mau berkomitmen tidaklah mudah.

 

Sekolah yang memiliki fokus keahlian di bidang hospitality tersebut kini memiliki beragam bentuk kemitraan. Ledia menjelaskan, yang menjadi praktik baik kemitraan antara SMK dengan industri adalah terbentuknya kelas-kelas industri di setiap kompetensi. Tercatat SMKN 6 Yogyakarta memiliki empat kelas industri. 

 

"Kita diperlihatkan beberapa kelas industry, di antaranya perhotelan dan kuliner. Kelas industri ini bertujuan menyiapkan lulusan yang siap bekerja dan dibutuhkan oleh perusahaan, karena melalui kurikulum yang berbasis industri hingga tenaga pengajar ahli disiapkan oleh industri,” pungkas legislator dapil Jawa Barat I itu. 

 

Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira turut mengapresiasi SMKN 6 Yogyakarta yang mempunyai beberapa program kekhususan seperti kuliner, dan berkaitan dengan keterampilan-keterampilan yang menunjang siswa dan siswi ini untuk bisa melanjutkan ke dunia kerja nanti. Dengan menyiapkan sarana dan prasarananya, Andreas yakin sekolah ini bisa menjadi contoh SMK yang bagus untuk Indonesia.

 

“Setelah kami bicara dengan kepala sekolah dan gurunya, SMK ini dikembangkan dengan model Badan Layanan Umum Daerah. Jadi mereka memperoleh dukungan pemerintah, tapi juga mereka hidup dan berkembang dengan kemampuan yang mereka kelola dari hasil yang mereka kelola. Misalnya mereka membuat kue, pakaian, tata boga kuliner dan itu kemudian dijual, dan dipesan oleh masyarakat. Dari hasil itu, anak-anak memperoleh bagiannya dan sekolah bisa menjual itu untuk menunjang kegiatan sekolahnya,” pujinya.

 

“Kemandirian hidup dari sekolah itu bisa jadi model. Ini saya kira sangat bagus untuk pengembangan SMK ke depan. Begitu gitu juga mereka mendapat dukungan dari dunia industry, karena memang ada hubungan yang baik dengan banyak industri-industri yang sejalan dengan keterampilan dimiliki dan juga dengan pemda tentunya sekolah ini bisa menjadi percontohan,” ujar politisi PDI-Perjuangan itu. 

 

“Kita akan mendorong Kemendikbud, khususnya Dirjen Vokasi dan kami akan menyampaikan ini kepada Dirjen Vokasi bahwa model sekolah seperti SMKN 6 ini seharusnya menjadi percontohan untuk pengembangan SMK di Jawa maupun di luar Jawa. Sehingga dengan demikian ini bisa mempercepat berkembangnya SMK sesuai dengan pendidikan vokasi yang ingin dikembangkan,” pesan legislator dapil NTT I itu. (man/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Dua Suporter Tewas di GBLA, Syaiful Huda Desak Pihak yang Bertanggung Jawab Diseret ke Ranah Hukum
21-06-2022 / KOMISI X
Dua suporter diketahui tewas saat hendak menyaksikan pergelaran Piala Presiden 2022 dalam laga Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya di Stadion...
Perlu Sinergi Bersama Kenalkan Potensi Pariwisata Kabupaten Semarang
17-06-2022 / KOMISI X
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti menilai Kabupaten Semarang di Provinsi Jawa Tengah memiliki potensi alam yang...
Malang Potensial Jadi Destinasi Wisata Nasional
17-06-2022 / KOMISI X
Anggota Komisi X DPR RI Muhammad Hasanuddin Wahid meyakini bahwa Malang bisa menjadi destinasi wisata nasional asalkan para pelaku pariwisata...
Pariwisata Kabupaten Malang Mulai Bangkit
17-06-2022 / KOMISI X
Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur Zainuddin Maliki menyampaikan, para pemangku kepentingan...