Jelang Mudik Lebaran, Komisi VI Apresiasi Kesiapan BUMN Transportasi dan Pangan

20-04-2022 / KOMISI VI

Anggota Komisi VI DPR RI Melani Leimena Suharli saat mengikuti kunjungan kerja reses Komisi VI DPR ke Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/4/2022). Foto: Larisa/Man

 

Pemerintah kembali membuka izin mudik Lebaran setelah dua tahun melarang masyarakat untuk mudik akibat kasus Covid-19 yang masih tinggi. Berbagai sektor kembali bangkit, di antaranya sektor transportasi dan pangan. Namun, hal tersebut juga harus didukung kesiapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di sektor tersebut. Anggota Komisi VI DPR RI Melani Leimena Suharli mengapresiasi upaya yang tengah dilakukan oleh BUMN transportasi dan pangan jelang mudik Lebaran 2022 ini.

 

“Tentunya kita mengapresiasi BUMN yang bergerak di sektor transportasi dan juga pangan. Mereka tentunya sudah mengantisipasi, mulai dari segi kesehatan, supaya jangan tertular Covid-19, kemudian dari segi transportasi, setelah dari tahun 2020 tidak ada mudik Lebaran, pasti juga banyak masyarakat yang berbondong-bondong, itu juga perlu diantisipasi,” papar Melani ketika mengikuti kunjungan kerja reses Komisi VI DPR ke Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/4/2022).

 

Melani menyampaikan agar BUMN di sektor transportasi memastikan masyarakat mendapatkan tiket untuk mudik, dan memastikan keamanan mereka ketika melakukan perjalanan mudik. Selain itu, ia juga meminta agar BUMN transportasi berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan juga menyediakan posko-posko kesehatan guna menangani kondisi kesehatan masyarakat ketika melakukan perjalanan mudik.

 

“Perlu antisipasi untuk menangani apabila terjadi kecelakaan bahkan kelahiran. Juga harus diperhatikan dari sisi kebersihan dan kenyamanan pemudik, seperti penambahan toilet hingga tersedianya fasilitas tempat ibadah,” tambah Melani. Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, momentum ini juga bisa dijadikan kesempatan bagi BUMN transportasi menambah pemasukan (income), mengingat beberapa waktu lalu sempat mengalami kerugian akibat menurunnya jumlah penumpang.

 

Kemudian, Melani juga turut memperhatikan persiapan dari BUMN di sektor pangan. Anggota DPR daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta II itu menyampaikan bahwa BUMN di sektor pangan, seperti PT Rajawali Nusantara/ID Food dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, telah melakukan langkah antisipasi untuk memastikan distribusi dan ketersediaan bahan pangan jelang hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah.

 

“Baik komoditas pangan impor maupun lokal, stok-stok itu sudah disiapkan. Sehingga, mereka semua sudah siap untuk mengantisipasi apabila terjadi kekurangan pangan akibat melonjaknya jumlah permintaan, sebab mereka sudah memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut,” papar Melani.

 

Melani berharap tidak ada kendala-kendala di luar persiapan tersebut, baik dari segi pengangkutan pemudik maupun pendistribusian pangan, salah satunya yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat yaitu minyak goreng. “BUMN di sektor pangan agar melakukan langkah antisipasi supaya stok dan harga minyak goreng tetap terjaga di pasaran, sehingga masyarakat tidak menderita. Kami mengimbau agar pemerintah segera mengusut dan menangkap apabila ada mafia yang membuat harga minyak goreng tersebut melambung tinggi dan langka di pasaran,” tutup Melani. (ica/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Wujudkan Kedaulatan Pangan, Sondang Tampubolon Minta BUMN atasi Kelangkaan Pupuk
24-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tiar Debora Tampubolon meminta kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) Provinsi Jawa Timur untuk dapat...
Kunjungi PT Pupuk Indonesia, Komisi VI Soroti Kelangkaan Pupuk
24-06-2022 / KOMISI VI
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke PT Pupuk Indonesia...
Adisatrya Suryo Apresiasi Kinerja PTPN
23-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Adisatrya Suryo Sulisto mengapresiasi kinerja (performance) PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN yang bisa meningkatkan...
Legislator Dukung Implementasi Transformasi Industri Gula PTPN
22-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR Intan Fauzi mendukung implementasi tranformasi industri gula PT Perkebunan Nusantara agar segera direalisasikan untuk meningkatkan produksinya....