Komisi VI Pastikan Kesiapan BUMN Jelang Idulfitri

20-04-2022 / KOMISI VI

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji dalam kunjungan kerja reses Komisi VI DPR ke Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/4/2022). Foto: Larisa/Man

 

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji, menyampaikan bahwa Komisi VI DPR memastikan kesiapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam pelayanan kepada masyarakat saat Lebaran. Sejumlah BUMN yang dipastikan kesiapannya adalah PT ASDP Indonesia Ferry, PT Pelayaran Nasional Indonesia, PT Kereta Api Indonesia, PT Jasa Marga, PT Rajawali Nusantara Indonesia/ID Food, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara, PT Perusahaan Listrik Negara, dan PT Pertamina Patra Niaga.

 

“Kami ingin memastikan masyarakat terlayani dengan baik pada saat Lebaran. Di mana pada saat Lebaran ada ritual yang sangat besar, yaitu orang mudik dalam jumlah yang sangat besar dalam waktu yang bersamaan. Apalagi diperkirakan mudik pada tahun 2022 adalah mudik yang luar biasa besar sebab sudah dua tahun masyarakat tidak bisa mudik, karena itu butuh persiapan yang sangat besar,” papar Sarmuji dalam kunjungan kerja reses Komisi VI DPR ke Surabaya, Jawa Timur, Senin (18/4/2022).

 

Diketahui, arus mudik Lebaran akan dimulai pada tanggal 22 April 2022 (H-10) sampai arus balik yaitu diperkirakan sampai 10 Mei 2022 (H+7). Untuk itu, Sarmuji menyampaikan bahwa yang menjadi fokus BUMN untuk persiapan hari Raya Idulfitri di tahun 2022 ini adalah pelayanan kepada masyarakat, salah satunya melalui ketersediaan sarana, prasarana, infrastruktur, dan kebutuhan masyarakat lainnya.

 

“Misalnya di Pertamina, seperti kemarin ada masalah kelangkaan solar, jangan sampai pada saat dibutuhkan ada LPG yang tidak tersedia. Begitu pula untuk PT. KAI, kalau bisa jangan ada lagi masyarakat yang menumpuk untuk membeli tiket karena sekarang pembelian tiket sudah bisa dilakukan melalui sistem online,” jelas Sarmuji.

 

Politisi Partai Golkar itu juga meminta kesiapan dari sisi infrastruktur di jalan tol. Sarmuji meminta agar PT Jasa Marga memperhatikan secara detail, bahkan hingga kebersihan toilet. “Jangan sampai masyarakat enggan menggunakan toilet di rest area. Sampai sekecil itu kami cek agar masyarakat benar-benar terlayani dengan baik,” jelas legislator daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VI tersebut.

 

Sarmuji berharap agar masyarakat dapat melakukan kegiatan mudik Lebaran di tahun 2022 ini dengan lancar dan bahagia. Oleh karena itu, pelayanan transportasi mudik, rantai pasokan kebutuhan lebaran, pasokan energi kebutuhan transportasi, keperluan rumah tangga, dan keperluan masyarakat selama menjalankan ibadah puasa serta keperluan Idulfitri dan libur Lebaran 2022 ini dapat dipersiapkan secara optimal oleh BUMN terkait. (ica/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Jawab Pertanyaan Publik, Panja Investasi GoTo Fokus Dua Hal Selama Pembahasan
26-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Husein Fadlulloh menjelaskanPanitia Kerja (Panja) Investasi pada Perusahaan Digital (GoTo) Komisi VI DPR RI...
Panja Investasi GoTo akan Susun Rekomendasi SOP Cegah ‘Moral Hazard’ Pembelian Saham
25-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Husein Fadlulloh menjelaskan Panitia Kerja (Panja) Investasi pada Perusahaan Digital (GoTo) akan menyusun rekomendasi...
Wujudkan Kedaulatan Pangan, Sondang Tampubolon Minta BUMN atasi Kelangkaan Pupuk
24-06-2022 / KOMISI VI
Anggota Komisi VI DPR RI Sondang Tiar Debora Tampubolon meminta kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) Provinsi Jawa Timur untuk dapat...
Kunjungi PT Pupuk Indonesia, Komisi VI Soroti Kelangkaan Pupuk
24-06-2022 / KOMISI VI
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI ke PT Pupuk Indonesia...