Antusiasme ASN Sukseskan MTQ Korpri Setjen DPR RI

21-04-2022 / LAIN-LAIN

Ketua Korps Pegawai Negeri (Korpri) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Djaka Dwi Winarko foto bersama usai penutupan dan pengumuman pemenang MTQ Korpri Setjen DPR RI di Masjid Baiturahman DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/04/2022). Foto: Geraldi/Man

 

Ketua Korps Pegawai Negeri (Korpri) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Djaka Dwi Winarko bersyukur dan mengapresiasi antusiasme Aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan Setjen DPR RI dalam penyelenggaraan ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Korpri Setjen DPR RI. Bekerja sama dengan DKM Masjid Baitirrahman, Korpri melaksanakan beberapa lomba seperti Tartil, Kaligrafi, Ceramah dan Azan. 

 

"Kami merasa bersyukur acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dan terbilang sukses. Itu terlihat dari antusiasme pegawai dalam mengikuti lomba MTQ ini. Sebanyak 94 peserta hadir, itupun karena dibatasi. Mungkin kalau tidak dibatasi, bisa lebih banyak lagi,” ujar Djaka usai penutupan dan pengumuman pemenang MTQ Korpri Setjen DPR RI di Masjid Baiturahman DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4).

 

Dijelaskan Djaka, salah satu tujuan dari penyelenggaraan ini tidak lain adalah ingin memberikan forum, memberikan fasilitas, serta tempat untuk mengekspresikan teman-teman dalam belajar memahami Al-Qur'an. Dimana basis dari semua kehidupan ini ada dalam Al-Qur'an. Al-Qur'an ini yang diterjemahkan dalam bentuk bacaan yang baik dengan tartil, dibuat lukisan yang baik dalam bentuk kaligrafi, serta yang diterangkan dalam bentuk ceramah.

 

Lebih lanjut Kepala Pusat Teknologi Informasi DPR RI ini mengungkapkan bahwa sejatinya dalam hari-hari di luar Ramadhan pun Korpri DPR RI rutin menggelar berbagai kegiatan keagamaan, kajian dan pengajian. Sehingga bisa dikatakan ajang MTQ ini sebagai “puncak” pelatihan selama ini dalam mengenal dan memperdalam Kitab Suci Al-Qur'an.

 

Meski demikian pihaknya tidak ingin ajang ini hanya sebatas selesai di formalitas lomba MTQ saja, dan tanpa ada kelanjutan. Ia berharap setelah ini, dalam kehidupan sehari-hari hingga bertemu dalam Ramadan berikutnya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an, baik di kehidupan social kita, maupun dengan teman sejawat.

 

“Yang lebih penting lagi bagaimana kita mengisi kehidupan sampai Ramadan berikutnya lagi. kita tidak ingin menjadi bagian dari umat yang merugi, bahwa hari ini tidak lebih baik dari kemarin, bahwa hari esok tidak lebih baik dari hari ini,” pungkasnya.

 

Adapun dalam lomba MTQ tersebut keluar sebagai pemenang pertama Tartil Qur'an Putra, Rahmat Kamaruddin, serta Raihan Ulusyur sebagai pemenang terbaik pertama Tartil Qur'an putri. Sedangkan Dai terbaik pertama dimenangkan oleh Lasmandi Iswondo,  dan Daiyah terbaik oleh Rastri Paramitha.

 

Sementara pemenang Adzan terbaik pertama dimenangkan oleh Muhammad basiludin, dan Anto Gusnanto sebagai pemenang lomba Doa terbaik pertama putra, dan Ade Nurul Aida sebagai pemenang lomba Doa terbaik pertama putri, serta Abdul Cholid sebagai pemenang pertama Lomba Kaligrafi Korpri Setjen DPR RI. Juga tentunya berbagai pemenang lainnya di berbagai kategori tersebut.  (ayu/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ace Hasan Hadiri Pelepasan Jemaah Haji Kabupaten Bandung, Minta Jemaah Fokus Ibadah
24-06-2022 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily melepas keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Bandung, di Gedung Raudhah Asrama...
Hadiri Pelepasan Jemaah Haji Bandung Barat, Ace Hasan Pastikan Pelayanan Haji Semakin Baik
20-06-2022 / LAIN-LAIN
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily melepas keberangkatan jemaah haji asal Kabupaten Bandung Barat, di Gedung Raudhah...
PDO Parlemen Berbagi Kebahagiaan Melalui Aksi Sosial
17-06-2022 / LAIN-LAIN
Persekutuan Doa Oikumene (PDO) MPR/DPR/DPR RI kembali melakukan kegiatan bakti sosial dengan aksi berbagi nasi bungkus kepada masyarakat di sekitar...
Legislator Nilai Masyarakat Papua Setuju Dengan DOB Baru
10-06-2022 / LAIN-LAIN
Otonomi Daerah Baru (ODB) dinilai sebagai langkah aktualisasi dan mengoptimalkan potensi yang ada di daerah. Pasalnya, daerah memiliki kewenangan untuk...