Sidak Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Tamliha Apresiasi Kesiapan Posko Mudik

20-04-2022 / KOMISI V

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syaifullah Tamliha saat meninjau Terminal Penumpang di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Rabu (20/4/2022). Foto: Oji/nvl

 

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syaifullah Tamliha mengapresiasi Pelindo III yang membawahi operasional Pelabuhan Trisakti Banjarmasin terkait persiapan sarana dan prasarana dalam menghadapi lonjakan arus mudik tahun 2022. Dimana terdapat potensi pemudik yang menggunakan transportasi laut akan memadati pelabuhan. 

 

"Setelah dua tahun dilarang mudik gara-gara pandemi, begitu dibolehkan pemerintah, maka Idul Fitri tahun ini diprediksi bakal terjadi kepadatan penumpang kapal laut. Untuk itu diperlukan kesiap-siagaan para pemangku kepentingan agar arus mudik bisa berjalan aman, lancar dan nyaman," terang Tamliha usai meninjau Terminal Penumpang di Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Rabu (20/4/2022). 

 

Sementara itu politisi fraksi PPP ini melihat belum ada lonjakan penumpang yang cukup besar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Pihaknya juga meminta jajaran Pelindo III dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) meningkatkan pelayanan kepada para calon penumpang yang diprediksi akan melonjak pada H-7 menjelang lebaran.

 

"Sejauh ini persiapannya sudah cukup bagus, penjualan tiket juga sebagian besar lewat online sehingga meminimalkan praktek calo. Fasilitas toiletnya bersih, ada posko kesehatan yang juga siap melayani vaksinasi bagi pemudik yang belum booster," imbuh Tamliha.

 

Legislator dapil Kalimantan Selatan ini pun mendorong Pelindo III terus meningkatkan layanan dan juga mengantisipasi berbagai kebutuhan layanan pelabuhan mengingat posisi Kalimantan Selatan sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur. 

 

"Saya menghimbau para pemudik menjaga protokol kesehatan, bisa melakukan vaksinasi di pelabuhan yang difasilitasi Polsek setempat. Saya berharap perantau di Kalsel yang mudik ke kampung halamannya di Jawa bisa meningkatkan imunitasnya karena bertemu keluarga adalah momen yang membahagiakan," pungkasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Putut Sri Muljanto selaku Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan 4 kapal penumpang untuk melayani arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin tahun 2022 ini. "Kami siapkan empat kapal penumpang untuk mengangkut para pemudik ke pulau Jawa. Namun jika terjadi lonjakan penumpang, maka kami sudah bekerja sama dengan pihak TNI AL jika dibutuhkan kapal tambahan," terangnya.

 

Muljanto menambahkan dari data penjualan tiket penumpang maka kepadatan pemudik di Pelabuhan Trisakti diprediksi pada Rabu 27 April tiket terpesan terbanyak. Menghadapi arus mudik lebaran, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) juga sudah menggelar apel kesiapan angkutan laut di Pelabuhan Trisakti. Fokus apel ini masih berkutat pada penerapan protokol kesehatan bagi penumpang transportasi laut.

 

Kepala KSOP Kelas 1 Banjarmasin, Hartanto mengatakan, bagi penumpang yang baru disuntik vaksin dosis pertama, mau tak mau harus menunjukkan hasil tes negatif covid. Posko lebaran yang diisi tim gabungan akan mulai beroperasi dari tanggal 17 April sampai 18 Mei nanti, menghadapi arus balik. “Di sana akan ada gerai vaksinasi. Memudahkan penumpang. Sekaligus mempercepat program vaksinasi,” tutupnya. (oji/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kondisi DAS Pangkajene di Kabupaten Pangkep Perlu Penanganan SeriusĀ 
25-06-2022 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Aras mengatakan bahwa pendangkalan Sungai Pangkajene di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) mengakibatkan kapal-kapal...
Komisi V Serap Usulan Pembangunan Infrastruktur di Kabupaten Grobogan
24-06-2022 / KOMISI V
Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Anggota Komisi V Sudewo melakukan pertemuan dengan Bupati Grobogan...
Perlu Optimalisasi DAS Pangkajene di Tahun 2023
24-06-2022 / KOMISI V
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) mengatakan bahwa dirinya telah mendorong kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub)...
Komisi V Dorong Pertumbuhan Infrastruktur Tol di Sumatera
24-06-2022 / KOMISI V
Wakil ketua komisi V DPR RI Ridwan Bae mengatakan niat baik pemerintah dalam menindaklanjuti infrastruktur jalan tol di Pulau Sumatera...