Dedi Wahidin Salurkan Bantuan Program BSPS Kepada Warga Cirebon dan Indramayu

13-05-2022 / KOMISI V

Anggota Komisi V DPR RI Dedi Wahidi. Foto: Dok/nvl

 

Anggota Komisi V DPR RI Dedi Wahidi menyalurkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Program ini diperuntukan pembangunan rumah tinggal sebanyak 1.750 bagi warga tidak mampu di Kota dan Kabupaten Cirebon serta Indramayu, Jawa Barat. Ribuan rumah tersebut dibangun melalui program BSPS, Dewa, sapaan Dedi Wahidi, mengatakan, seluruh rumah tersebut dibangun untuk membantu warga yang masih tinggal di rumah tidak layak huni.

 

Total, bantuan pada program BSPS senilai Rp35 miliar. Dengan rincian 1.750 rumah dan masing-masing mendapatkan bantuan stimulus sebesar Rp20 juta. Dewa mengatakan, karena hanya stimulus, jadi masih butuh bantuan swadaya dari warga sekitar, tapi utamanya tetap dari penerima itu sendiri. "Dengan bantuan ini diharapkan hidup mereka lebih nyaman dengan rumah tinggal yang lebih layak," ujar Dewa berdasarkan keterangan persnya yang diperoleh Parlementaria, Rabu (11/5/2022).

 

Dia menjelaskan, hingga saat ini kebutuhan rumah tinggal layak huni masih sangat tinggi di wilayah Cirebon dan Indramayu. Berdasarkan perhitungannya, masih ada kebutuhan sekitar 70 ribu rumah layak huni untuk masyarakat Cirebon dan Indramayu. Politisi fraksi PKB itu bertekad akan terus memberikan bantuan rumah layak huni bagi warga yang ia wakili di DPR RI.

 

Jumlah pembangunan rumah layak huni tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar seribu unit. "Alhamdulillah tahun ini lebih banyak dan saya berharap tahum depan dan seterusnya juga mengalami peningkatan jumlah bantuan untuk program BSPS ini," ujar Dewa.

 

Selain program BSPS, Dewa juga menggelontorkan berbagai program aspirasi yang dirasakan manfaatnya bagi warga. Diantaranya Program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW), Irigasi Desa, Sanitasi Desa, Sanitasi Desa Terpadu dan MCK Pesantren.

 

Selain itu ada pula program pembangunan jembatan gantung, Kota Tanpa Kumuh, Rumah Susun, Pamsimas dan pembangunan breakwater atau penahan ombak di pantai utara. "Total program yang saya bawa tahun ini sekitar Rp382 miliar. Sepenuhnya untuk memenuhi kebutuhan warga di Cirebon dan Indramayu," ujar Dewa.

 

Lebih lanjut, ia juga memberikan bantuan tambahan kepada para penerima. Dengan menggunakan dana pribadi, Dewa memberikan tambahan bantuan uang tunai sebagai tambahan material pembangunan. (eko/aha) 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
RUU LLAJ Diusulkan Atur Sanksi Tegas Pelaku Kecelakaan Faktor ‘Human Error’
27-09-2022 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Anwar Hafid mengusulkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) perlu mengatur...
Pengusaha Pengembang Harus Perhatikan Alih Fungsi Lahan Pertanian Jadi Permukiman
26-09-2022 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Sri Rahayu merasa prihatin melihat alih fungsi lahan pertanian yang subur justru dibangun perumahan. Saat...
Komisi V Dorong BMKG Lakukan ‘Update’ Teknologi
26-09-2022 / KOMISI V
Anggota Komisi V DPR RI Sudewo mengatakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebaiknya melakukan update teknologi agar mitigasi cuaca...
Miliki Peran Sangat Besar, Komisi V Dukung Anggaran BMKG Ditingkatkan
26-09-2022 / KOMISI V
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw menilai peran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sangat bermanfaat untuk kehidupan...