Perbaiki Kemudahan Berbisnis Guna Tindak Lanjuti Lawatan Jokowi-Elon Musk

18-05-2022 / KOMISI XI

Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad. Foto: Dok/Man

 

Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad meminta agar Pemerintah Indonesia memperbaiki peringkat Kemudahan Berbisnis (Ease of Doing Business/EoDB). Sebab, hal itu berguna untuk menindaklanjuti langkah konkret terdekat yang dapat dilakukan pasca lawatan Presiden Joko Widodo dengan founder SpaceX USA, Elon Musk. Sehingga, strategi diplomasi ekonomi tersebut dapat sejalan dengan peningkatan investasi Indonesia.

 

“Strategi diplomasi ekonomi Presiden Jokowi ke AS, harus disertai dengan peningkatan Ease of Doing Business (EoDB). Kita perlu naik kelas," jelas Kamrussamad dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/5/2022).

 

Menurut Anggota Fraksi Partai Gerindra ini, EoDB Indonesia saat ini masih berada pada peringkat 73. Peringkat tersebut masih di bawah Singapura di posisi kedua, Malaysia di posisi ke-12, dan Vietnam di posisi ke-70. Di sisi lain, target investasi Indonesia tahun ini mencapai Rp 1.200 triliun. Sehingga, menurutnya, hal ini hanya bisa tercapai jika EoDB yang meningkat kualitasnya.

 

"Kunci peningkatan EoDB ini ada empat setidaknya. Peningkatan pada layanan memulai bisnis (starting business), pengurusan izin (dealing with construction permit), pendaftaran aset (registering property), serta pelaksanaan kontrak (enforcing contracts)," pungkas legislator dapil DKI Jakarta III itu.

 

Untuk peningkatan EoDB agar memuluskan investasi ini, setidaknya ada empat indikator yang harus diperbaiki. Yaitu, peningkatan pada layanan memulai bisnis (starting business), pengurusan izin (dealing with construction permit), pendaftaran aset (registering property), serta pelaksanaan kontrak (enforcing contracts).

 

Diketahui, sebelumnya Elon Musk membalas kicauan (tweet) akun twitter pribadi milik Jokowi.  "Merupakan sebuah kehormatan untuk bertemu (Presiden Jokowi) di Starbase dan diskusi menarik tentang proyek-proyek masa depan,” cuit Elon Musk. Jokowi bertemu Elon Musk pada 15 Mei 2022 di Gedung Stargate SpaceX. Di sana, dia bersama Elon Musk melakukan diskusi serta meninjau produksi roket SpaceX. (rdn/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kontribusi PNBP 2021 Belum Optimal Dibandingkan Total Pendapatan Negara
02-07-2022 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menilai kontribusi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada tahun 2021 belum optimal dibandingkan total...
Kamrussamad Minta Tak Ada Perlakuan Istimewa bagi Tempat Hiburan Tertentu di Jakarta
27-06-2022 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad meminta tidak ada perlakuan istimewa bagi tempat hiburan tertentu di Jakarta. Termasuk, salah satunya...
Ahmad Najib Minta Kemenkeu Jelaskan Keputusan Penundaan Pajak Karbon
27-06-2022 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR Ahmad Najib Qodratullah meminta Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan kejelasan soal keputusan penundaan penerapan pajak karbon. Sebab,...
Kamrussamad: Jangan Sampai Demi Jaga Pertumbuhan, Independensi BI Jadi Bias
27-06-2022 / KOMISI XI
Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad menegaskan jangan sampai demi menjaga pertumbuhan kredit perbankan dan tingkat Non-Performing Loan (NPL), independensi...