Tuan Rumah P20, DPR Siap Tampilkan Wajah Terbaik Indonesia di Forum Dunia

10-06-2022 / B.K.S.A.P.
Anggota BKSAP DPR RI Irine Yusiana Roba Putri. Foto: Dok/nvl

 

DPR RI dijadwalkan akan menggelar Kick Off perhelatan P20 pada medio Juni ini. Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI memastikan DPR siap menjadi tuan rumah forum parlemen negara G20 yang akan dilaksanakan pada awal Oktober 2022. P20 merupakan forum parlemen negara-negara G20 yang diselenggarakan dalam satu rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Selain memegang kursi presidensi G20 untuk pertama kalinya, Indonesia juga menjadi tuan rumah bagi forum multilateral tersebut.

 

“DPR terus berbenah karena kami ingin dan siap menampilkan wajah terbaik Indonesia sebagai tuan rumah P20 yang merupakan pertemuan ketua parlemen 20 negara dengan skala perekonomian terbesar dunia,” kata Anggota BKSAP DPR RI Irine Yusiana Roba Putri dalam keterangan persnya yang diterima Parlementaria, Jumat (10/6/2022). Untuk perhelatan KTT G20, Pemerintah memilih Bali sebagai lokasi perhelatan forum penting dunia itu. Sementara untuk P20, Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, dipilih sebagai lokasi pelaksanaannya.

 

“Karena ini ajang yang bergengsi, Indonesia harus bisa menunjukkan bahwa kita mampu menyelenggarakan forum ini dengan baik dan memberikan kontribusi sesuai kepentingan nasional dalam diskusi-diskusinya. Apalagi di P20 tidak cuma dihadiri 20 ketua parlemen negara G20 tapi juga undangan peninjau sehingga ketua parlemen yang datang nanti bisa sampai dari 40 negara,” jelas Anggota Komisi I DPR RI tersebut.

 

Sejumlah persiapan yang tengah dilakukan DPR dalam menyambut kehadiran para tamu negara termasuk dari sisi fisik infrastruktur. DPR kini tengah melakukan pengaspalan jalan di kompleks parlemen serta perbaikan sejumlah gedung atau ruangan. “Bagian interior juga jadi perhatian, karena nantinya Ruang Rapat Paripurna akan menjadi venue utama. Kita harus persiapkan secara detail hal-hal teknis dan interior ruangan agar P20 menjadi pertemuan yang tak hanya berkualitas tapi juga memberikan kenyamanan bagi semua delegasi,” papar Irine.

 

Selain Ruang Rapat Paripurna, beberapa ruangan di Kompleks Parlemen juga akan digunakan sebagai tempat rapat-rapat pembahasan bilateral. Irine memastikan DPR akan memfasilitasi negara-negara G20 dan negara undangan dengan sebaik mungkin. “Dengan persiapan yang matang, itu menunjukkan keseriusan Indonesia sebagai tuan rumah. Kita harus mampu memberikan yang terbaik karena ini menyangkut nama baik bangsa Indonesia supaya kita bisa lebih banyak berbicara dalam forum global,” tutur politisi PDI-Perjuangan itu.

 

Irine pun menyatakan, DPR sudah mulai mengkondisikan keamanan untuk persiapan gelaran P20 dan G20. Belajar dari pengalaman sebagai tuan rumah Inter-Parliamentary Union ke-144 Maret lalu, DPR diyakini mampu menyukseskan gelaran forum dunia sekalipun di tengah pandemi Covid-19. “Indonesia sudah mendapat pengakuan dunia mampu menyelenggarakan forum parlemen internasional dalam IPU ke-144, secara apik dan aman, termasuk dari sisi protokol kesehatan. Pengakuan dari internasional ini harus kita jaga,” sebut Irine.

 

Saat menerima estafet presidensi P20 dari Italia pada 2021 lalu, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani secara resmi mengundang para pimpinan parlemen G20 untuk datang ke Indonesia dalam gelaran P20 tahun ini. Irine mengatakan, keseriusan DPR dalam mempersiapkan perhelatan P20 tak terlepas dari peran Puan yang ikut terlibat langsung dalam proses persiapan. “Ibu Ketua DPR sudah menegaskan DPR RI siap menjadi Tuan Rumah Forum Parlemen Negara G20 atau P20, baik untuk kesuksesan penyelenggaraannya maupun dengan meningkatkan kontribusi P20 dalam pemulihan pandemi dalam kerja sama G20,” ujarnya.

 

Untuk gelaran P20, lanjut Irine, Indonesia mengambil tema 'Peran Parlemen dalam Mendorong Pertumbuhan yang Lebih Tinggi dan Masyarakat yang Sehat'. Usulan agenda utama P20 di Indonesia adalah membahas pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, kesehatan, serta pemberdayaan manusia dan peningkatan kapasitas. “Seperti yang disampaikan Ibu Ketua DPR, sinergi parlemen sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendiskusikan agenda G20 sangat penting. Indonesia akan berperan aktif terlibat dalam pembahasan isu-isu global demi memperjuangkan kepentingan rakyat,” tutup legislator dapil Maluku Utara itu. (sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR dan LSPR Jepang akan Rancang Kerja Sama Tangani Mental Disorders
03-02-2023 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera menerima tamu delegasi Jepang dari LSPR Institute of Communication and Business. Dalam...
DPR Dorong Diplomasi Parlemen untuk Mewujudkan Stabilitas di ASEAN
01-02-2023 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menjelaskan pentingnya diplomasi parlemen guna mewujudkan stabilitas di kawasan...
Dewi Coryati: Parlemen Indonesia Dukung Keterwakilan Perempuan dalam Proses Perdamaian
01-02-2023 / B.K.S.A.P.
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dewi Coryati menegaskan, parlemen Indonesia mendukung partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam...
Gilang Dhielafararez Kecam Kunjungan Menteri Israel di Kompleks Al-Aqsa
31-01-2023 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Gilang Dhielafararez mengecam kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir...