Sekjen DPR Apresiasi Kenaikan SHU Koperasi Setjen DPR Meski Situasi Pandemi

23-06-2022 / SEKRETARIAT JENDERAL

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar foto bersama usai membuka RAT Koperasi Setjen DPR RI ke-36 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2022). Foto: Devi/Man

 

Koperasi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-36. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Plt. Deputi Bidang Persidangan Suprihatini, Ketua Umum PKP RI Wilayah Provinsi DKI Jakarta Agus Salim, Ketua Pengawas Koperasi Pegawai DPR RI Suratno dan Sekretaris Koperasi Pegawai DPR RI Khopiatuziadah. Indra Iskandar yang juga Ketua Pembina Koperasi Pegawai DPR RI memberikan apresiasi terhadap kepengurusan periode tersebut atas tercapainya kenaikan Sisa Hasil Usaha (SHU), meskipun dalam masa pandemi.

 

“Tentu kita bangga dengan Koperasi Sekretariat Jenderal DPR di masa pandemi lalu SHU nya meningkat padahal di masa sulit. Apresiasi kami bagi pengurus koperasi dan pengawas yang bekerja keras berpikir keras bagaimana di masa pandemi ini koperasi tetap eksis bahkan diluar dugaan keuntungannya justru meningkat di masa pandemi,” ucap Indra saat ditemui Parlementaria usai membuka RAT Koperasi Setjen DPR RI ke-36 di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

 

Keberhasilan yang dicapai Pengurus dan Pengawas Koperasi Setjen DPR RI ini menjadi sebuah tantangan dan benchmark bagi kepengurusan selanjutnya. Bahwa setiap peluang itu jika dipikikan sungguh-sungguh pasti ada kesempatan untuk mengembangkan bisnis baru. “Seperti apa yang dilakukan oleh kepengurusan tahun ini yaitu dengan mengembangkan tempat-tempat pujasera yang itu di masa pandemi pasti semua tetap masih membutuhkan itu. Hal-hal semacam itulah yang perlu dipikirkan oleh kepengurusan selanjutnya,” ujar Indra.

 

Indra menambahkan berharap kepengurusan selanjutnya memiliki terobosan-terobosan dalam mengembangkan usaha yang tidak business as usual, namun harus ada terobosan-terobosan lain serta yang paling penting dapat membuat keberadaan koperasi bisa mensejahterakan anggota secara konkret.

 

“Walaupun ada SHU yang dibagikan bisa dalam bentuk barang, bisa dalam bentuk uang, tapi tentu manfaat-manfaat lainnya juga harus diperkuat ya, ada manfaat simpan pinjam, ada manfaat lain untuk mensejahterakan anggota yang itu harus dipikirkan oleh koperasi. Sehingga keberadaan koperasi Sekretariat Jenderal DPR kedepan makin dirasakan oleh anggota,” tutur Indra kepada peserta RAT Koperasi Setjen DPR RI.

 

Sekretaris Koperasi Pegawai DPR RI Khopiatuziadah menjelaskan, Koperasi Setjen DPR RI pada tahun 2021 ini atas dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh anggota dapat bertahan dan berhasil mengumpulkan SHU setelah pajak sekitar Rp3,21 miliar dimana mengalami kenaikan sekitar 2,77 persen dari tahun sebelumnya. Dari sisi aset juga mengalami kenaikan dari Rp70,249 miliar menjadi Rp73,39 miliar.

 

“Tidak akan kami bisa mencapai titik itu, kecuali atas dukungan partisipasi dari seluruh anggota sehingga kami sampaikan apresiasi yang sangat besar. Terima kasih pada seluruh anggota koperasi yang konsisten memanfaatkan pelayanan dan dukungan bagi terselenggaranya pengelolaan pelayanan koperasi,” katanya.

 

Di sisi lain, Ketua Pengawas Koperasi Pegawai DPR RI Suratno menyampaikan bahwa pengawas mengusulkan untuk melakukan restrukturisasi organisasi pegawai. Yang kedua, penyusunan SOP untuk pegawai dan pengurus. Serta merekomendasikan untuk pengembangan sistem informasi manajemen untuk memperkuat sistem pengendalian serta penyempurnaan sistem informasi akuntansi yang terintegrasi.

 

Ketua Umum PKP RI Wilayah Provinsi DKI Jakarta Agus Salim pun berharap ini menjadi momentum bagi koperasi Setjen DPR RI untuk semakin maju lagi. “Selaku pengurus Pusat Koperasi Pegawai DKI Jakarta, kami melihat koperasi di Setjen DPR RI ini salah satu koperasi terbaik yang masih tetap menunjukan performance-nya dan mudah-mudahan nanti dengan adanya pemilihan pengurus baru, akan semakin meningkat kinerjanya. Bisa dipertahankan prestasinya dan bisa ditingkatkan,” pungkasnya. (gal/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Deputi Administrasi DPR Lepas Lima PNS yang Masuk Masa Pensiun
29-06-2022 / SEKRETARIAT JENDERAL
Deputi bidang Administrasi Sekretariat Jenderal DPR RI Sumariyandono menyambut baik program permodalan yang diberikan oleh PT Taspen khusus untuk para...
Ketua dan Wakil Ketua Pengurus dan Pengawas Koperasi Setjen DPR Periode 2022-2026 Terpilih Secara Aklamasi
23-06-2022 / SEKRETARIAT JENDERAL
Koperasi Sekretariat Jenderal DPR RI memilih Ketua dan Wakil Ketua Pengurus dan Pengawas Koperasi Pegawai DPR RI periode tahun 2022-2026....
Sekjen DPR Apresiasi Kenaikan SHU Koperasi Setjen DPR Meski Situasi Pandemi
23-06-2022 / SEKRETARIAT JENDERAL
Koperasi Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-36. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal DPR RI...
Tingkatan Kualitas Layanan Publik, Sekjen DPR Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional
22-06-2022 / SEKRETARIAT JENDERAL
Demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang profesional, cepat, efektif, dan adaptif pada era digitalisasi, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar...