Legislator Minta Kemperin Dorong Penguatan IKM Tingkatkan Daya Saing

27-06-2022 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Halomoa Sitompul. Foto: Runi/rni

 

 

Anggota Komisi VII DPR RI Hendrik Halomoa Sitompul meminta Pemerintah memperkuat Industri Kecil Menengah (IKM) dan aneka untuk peningkatan daya saing khususnya untuk industri makanan dan minuman. Hal ini disampaikannya saat RDP dengan Dirjen IKMA dan Dirjen Industri Agro Kementrian Perindustrian (Kemenperin) RI yang digelar di lantai I Gedung DPR RI Jakarta, Senin (27/6/2022).

 

“Saya melihat paparan tadi seperti dalam suasana kuliah, hanya terkesan sosialisasi, kutipan berita. Saya tidak melihat kondisi dan informasi kinerja yang dilakukan. Saya berharap paparan dirjen IKMA dan dirjen industry agro terkait kinerja, agar kami bisa melihat apakah kegiatan dikedua dirjen ini ada di dapil kami,” tegas Hendrik.

 

Untuk itu, lanjut Hendrik, ia meminta kedua Dirjen untuk menyampaikan peran dalam peningkatan daya saing. “Saya meminta dari kedua Dirjen untuk menyampaikan, apa peran kedua Dirjen ini untuk IKM untuk meningkatkan daya saing,” tanya Hendrik.

 

Selanjutnya, tanpya Hendrik, apa kegiatan kedua Dirjen ini terkait menghasilkan produk ekspor. Apa yang sudah dilakukan dalam penguatan struktur industry. Hendrik juga mempertanyakan terkait dampak kesempatan kerja yang terbentuk “Bagaimana dampak untuk kesempatan kerja yang terbentuk,” tanya Hendrik lagi.

 

Sementara itu, untuk Dirjen Agro, kata Hendrik, apakah Dirjen Industri agro memang membina industri makanan dan minuman? “Kalau memang Industri Agro membina makanan dan minuman, ruang lingkupnya apa saja?” kata Hendrik.

 

Hal itu, harus di tinjau ulang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Dirjen Industri Agro untuk industri makanan dan minuman. “Karena saat ini kompetisi antara produk lokal dan impor ini terlalu tajam, bagaimana peran Dirjen Industry Agro untuk melindungi produk dalam negeri,” tegas Hendrik. (tn/aha) 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Rentan Terpengaruh Konflik Global, Patokan Harga Minyak ICP Harus Dikawal
19-08-2022 / KOMISI VII
Patokan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP) dalam RAPBN 2023 sebesar USD 90 per barel harus dikawal...
Rofik Hananto: Asumsi Harga Minyak Mentah RAPBN 2023 Cukup Moderat
17-08-2022 / KOMISI VII
Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023 yang disampaikan Presiden Joko Widodo di DPR RI, angka asumsi harga...
Pemerintah Harus Awasi Anggaran Subsidi yang Terus Membengkak
16-08-2022 / KOMISI VII
Pemerintah menganggarkan dana subsidi sebesar Rp502 triliun dalam pengantar RAPBN 2023. Anggaran subsidi tersebut mayoritas digunakan untuk menyubsidi sektor energi....
Legislator Minta Pertamina Transparan Jelaskan Ketidaksesuaian Stok dan Fakta Pertalite di Lapangan
14-08-2022 / KOMISI VII
Anggota Komisi VII DPR RI Nurhasan Zaidi meminta Pertamina secara transparan menjelaskan ketidaksesuaian antara stok dan fakta mengenai ketersediaan bahan...