Tiga Pejabat Fungsional Auditor Ittama DPR Peroleh Sertifikasi QGIA

30-06-2022 / INSPEKTORAT UTAMA
Inspektur Utama Setjen DPR RI Setyanta Nugraha bersama Inspektur II Furcony Putri Syakura berfoto bersama dengan tiga pejabat fungsional auditor Inspektorat Utama Sekretariat Jenderal DPR RI yang mendapatkan pengukuhan atas sertifikasi Qualified Government Internal Auditor (QGIA) dalam acara Konferensi Auditor Internal. Foto: Dok/rni

 

 

 

Tiga pejabat fungsional auditor Inspektorat Utama Sekretariat Jenderal DPR RI mendapatkan pengukuhan atas sertifikasi Qualified Government Internal Auditor (QGIA) dalam acara Konferensi Auditor Internal, Wisuda Sertifikasi Profesi, dan Munas FKSPI 2022 di DI Yogyakarta, Rabu (29/6/2022). Pejabat fungsional auditor yang memperoleh sertifikasi QGIA yaitu Dyah Citra Ariwidyasari, Willy Zaher Rahman, dan Yulista Tunjung.

 

Turut hadir dan berperan serta dalam kegiatan tersebut Inspektur Utama Setjen DPR RI Setyanta Nugraha, Inspektur II Furcony Putri Syakura, Plh. Inspektur I dan Kepala Bagian Administrasi Inspektorat Utama Ulfa Nurfajar, serta para Pejabat Fungsional Auditor dan beberapa staf Bagian Administrasi Inspektorat Utama.

 

Sertifikasi kompetensi QGIA merupakan kompetensi yang lebih fokus pada bidang audit internal sektor pemerintah. Sertifikat QGIA ini merupakan pengakuan atas pengetahuan dan keahlian di bidang audit internal dan tata kelola sektor publik. Dengan hadirnya auditor internal bersertifikat ini tentu akan dapat meningkatkan kualitas pekerjaan audit, kapabilitas audit internal, kredibilitas, dan nilai tambah bagi organisasi.

 

Dalam keterangan pers yang diterima Parlementaria pada Kamis (30/6/2022), Konferensi Auditor Internal dengan tema “Anticipating The Future The New Roles of Internal Audit” itu mencakup pembahasan atas isu-isu terkini yang relevan dan memenuhi kebutuhan auditor internal pada berbagai tingkat, baik yang bekerja pada perusahaan maupun organisasi sektor publik.

 

Selain untuk memperbarui pengetahuan para peserta juga dimaksudkan untuk melaksanakan wisuda QIA, CPIA, QGIA dan sebagai sarana networking untuk para auditor internal Indonesia. Di samping itu, kegiatan pun diikuti dengan rangkaian acara Wisuda Serfikasi Profesi, Diskusi Panel dan Munas FKSPI 2022. 

 

Di era digital yang berkembang, setiap organisasi harus dinamis dan mampu bertransformasi menyesuaikan dengan situasi dan kondisi new normal agar dapat bertahan, bertumbuh, dan berkembang. Dukungan peran auditor internal menjadi salah satu kunci sukses organisasi melewati krisis global saat ini untuk dapat bertumbuh dan berkembang. Auditor internal diharapkan tidak hanya terbatas melaksanakan misi assurance, advice dan insight, melainkan juga harus mampu melaksanakan peran foresight yang diharapkan saat ini.

 

Auditor internal harus mampu mengantisipasi ketidaksesuaian dengan regulasi dan aturan-aturan yang berlaku di masa depan. Pandemi Covid-19 dan perubahan teknologi yang begitu cepat harus menjadi pembelajaran dan mampu mendorong auditor internal untuk melakukan transformasi peran agar lebih meningkatkan pengaruh (elevang impact) bagi ketahanan organisasi untuk menjadi lebih dinamis.

 

Dalam rangkaian acara Wisuda Serfikasi Profesi tersebut, wisudawan Sertifikasi QIA berjumlah 149 orang, wisudawan Sertifikasi QGIA  berjumlah 20 orang, dan wisudawan CPIA berjumlah 23. Serta dihadiri pula sejumlah 600 peserta, yang terdiri dari para Auditor Internal Perusahaan dan Organisasi Sektor Publik, Asosiasi Profesi, Dewan Komisaris/Pengawas Perusahaan, Direksi dan Senior Manajemen Perusahaan, Pimpinan Organisasi Sektor Publik, Komite Audit dan Komite Manajemen Risiko, Auditor Eksternal Akademisi, LSM, serta dari kalangan masyarakat umum. (gal/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Irtama Setjen DPR 'Sharing' dalam Konferensi Auditor Internal di Yogyakarta
01-07-2022 / INSPEKTORAT UTAMA
Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI Setyanta Nugraha melakukan sharing tentang ‘Peran Auditor Internal di Lembaga Legislative’ saat menjadi salah...
Tiga Pejabat Fungsional Auditor Ittama DPR Peroleh Sertifikasi QGIA
30-06-2022 / INSPEKTORAT UTAMA
Tiga pejabat fungsional auditor Inspektorat Utama Sekretariat Jenderal DPR RI mendapatkan pengukuhan atas sertifikasi Qualified Government Internal Auditor (QGIA) dalam...
Perkuat Peran Internal Auditor Demi Wujudkan 'Good Governance'
25-05-2022 / INSPEKTORAT UTAMA
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar meresmikan Seminar Nasional bertajuk 'Strategi Peningkatan Efektivitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi untuk Meningkatkan Tata...
Ittama DPR Gelar Sosialisasi Survei Penilaian Integritas
20-05-2022 / INSPEKTORAT UTAMA
Inspektorat Utama Sekretariat Jenderal DPR RI menggelar Sosialisasi Survei Penilaian Integritas (SPI) yang bertempat di Gedung Setjen DPR RI, Kompleks...