Penangkapan Intel Asing di Kaltara, Legislator Minta Pemerintah Tingkatkan Keamanan Negara

25-07-2022 / KOMISI I

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono. Foto: Dok/nvl

 

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono menilai penangkapan enam orang yang diduga agen intelijen asing oleh TNI AL di Nunukan, Kalimantan Utara menunjukkan bahwa adanya data dan informasi negara yang bocor. Dari enam orang yang ditangkap, tiga orang di antaranya merupakan warga negara Indonesia (WNI). 

 

Ketiga WNI tersebut bernama Elwin, Thomas Randi Rau dan Yosafat bin Yusuf. Sementara tiga lainnya merupakan warga negara asing (WNA) yakni Leo bin Simon, Hp Jin Kiat, dan Bai Jidong.

 

"Apa yang terjadi ini adalah suatu hal yang memalukan dan menyedihkan. Ini membuktikan masih ada kemungkinan-kemungkinan kebocoran, apakah itu informasi ataupun hal-hal yang bisa membocorkan rahasia negara," kata Dave dalam rilis media yang diterima Parlementaria, Senin (25/7/2022).

 

Dave menuturkan perlu ada penelusuran untuk mengetahui bagaimana proses tiga WNI itu bisa direkrut menjadi intelijen asing. Dia meminta keamanan di semua instansi dan pemerintahan ditingkatkan.

 

"Dan apalagi melibatkan WNI dan ini harus ditelisik bagaimana mereka bisa direkrut sampai aktif jadi agen asing, dan juga bisa bekerja untuk membocorkan rahasia negara. Dan juga di sini harus lebih ditingkatkan keamanan semua instansi militer ataupun juga kantor-kantor kementerian yang meng-handle hal sensitif," ucapnya.

 

Lebih lanjut Dave menyampaikan insiden penangkapan agen intelijen asing itu merupakan momen untuk memperbaiki sistem keamanan serta kemampuan intelijen Indonesia. Sehingga dipastikan tidak ada kebocoran atau pencurian data negara.

 

"Tentunya di sini waktunya segera merevisi memperbaiki dan meng-upgrade sistem keamanan dan juga meningkatkan kemampuan intel kita dan petugas keamanan kita, untuk memastikan tidak ada lagi hal-hal yang kemudian kebocoran ataupun juga pencurian data," imbuhnya. (tn/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi I Apresiasi Program Riil Kodam II Sriwijaya Bantu Masyarakat Palembang
27-11-2022 / KOMISI I
Komisi I DPR RI melakukan Kunjungan Kerja ke Komando Daerah Militer II/Sriwijaya (Kodam II/SWJ) dalam rangka mendengarkan perannya dalam menjalankan...
Rapat Dengan Kominfo, Komisi I Minta Segera Laksanakan ASO Sepenuhnya
24-11-2022 / KOMISI I
Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari memberikan sejumlah langkah strategis pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) agar...
Legislator Komisi I Harap Revisi UU ITE Segera Selesai
23-11-2022 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas menyampaikan, pihaknya belum bisa memastikan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016...
Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI Berpotensi dilakukan di Masa Reses
22-11-2022 / KOMISI I
Anggota Komisi I DPR RI Bobby Rizaldi mengatakan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember...