Monev Pelaksanaan Anggaran Penting Dilakukan Secara Berkala

29-07-2022 / B.U.R.T.

Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso saat foto bersama usai membuka raker Monev di Lombok. Foto: Ria/nvl

 

Biro Organisasi dan Perencanaan Sekretariat Jenderal DPR RI menyelenggarakan Rapat Kerja dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022. Hadir untuk membuka Raker Monev, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso menilai pelaksanaan Monev yang dilakukan secara berkala penting untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan anggaran.

 

"Bapak/ibu merencanakan program kerja untuk meningkatkan kualitas organisasi, lalu kami (BURT) akan terus mengingatkan, mengawasi dan memastikan agar pelaksanaannya berjalan dengan baik dan sesuai dengan regulasi yang ada," kata Agung saat membuka raker Monev yang dihadiri Pimpinan BURT DPR RI dan pejabat di Sekretariat Jenderal DPR RI, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (28/7/2022).

 

Selain memastikan program berjalan dengan baik, Agung juga meminta koordinasi antar unit kerja di lingkungan Setjen DPR RI terus ditingkatkan untuk menjadikan DPR RI semakin baik di mata publik. “Untuk menjadikan DPR semakin baik bukan hanya kerja satu unit saja, tetapi semua di dalam lembaga ini. Membangun citra baik lembaga DPR RI itu hanya untuk bukan hanya Anggota Dewan saja, tetapi juga kesetjenannya, maka kita perlu terus mengoptimalkan kinerja, yang tentunya dimulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan hingga pengawasan," jelas politisi Partai Demokrat itu.

 

Setali tiga uang, Wakil Ketua BURT DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah mengatakan penyelenggaraan Monev penting dilakukan untuk memastikan tercapainya output atau outcome dari anggaran yang telah digunakan. "Dalam Monev itu ada prinsip plan and check yang dilakukan secara berkala guna mendorong mengoptimalkan kinerja  pelaksanaan anggaran. Monev ini untuk melihat apakah yang dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan awal," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

 

Untuk itu, menurut Dimyati, Monev penting dilakukan secara rutin, karena melalui Monev selalu ada hal-hal yang terus diperbaiki. “Melalui Monev ini, setiap program akan dibahas mulai dari permasalahannya anggaran, program hingga output-nya," tegas Dimyati, seraya mengatakan agar hasil Monev akhirnya sesuai dengan yang diharapkan dan memberikan impact untuk terus menyongsong parlemen modern.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar, Kepala Badan Keahlian (BK) Setjen DPR RI Inosentius Samsul, Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI Sumariyandono, Plt Deputi Bidang Persidangan Suprihartini, Auditor Ahli Utama Setyanta Nugraha, dan pejabat pimpinan tinggi pertama, pejabat administrator, pejabat pengawas dan pejabat di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI. (rnm/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
BURT Apresiasi Pelayanan Medis RS Santo Borromeus
08-11-2022 / B.U.R.T.
Ketua Badan Usaha Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso mengapresiasi RS Santo Borromeus, Bandung dalam memberikan pelayanan medis...
Program Magang Mahasiswa Kenalkan Tugas DPR Kepada Generasi Muda
04-11-2022 / B.U.R.T.
Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Agung Budi Santoso menyambut baik program magang bagi mahasiswa Fakultas FISIP Universitas...
BURT Apresiasi Fasilitas dan Pelayanan RS Hermina Kendari
02-11-2022 / B.U.R.T.
Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI Novita Wijayanti mengapresiasi fasilitas dan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit (RS)...
Dasco Tetapkan Dede Indra Permana Jadi Wakil Ketua BURT
01-11-2022 / B.U.R.T.
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menetapkan Anggota DPR RI Dede Indra Permana menjadi Pimpinan Badan Urusan Rumah Tangga...