Jelang Sidang Tahunan 2022, Ketua DPR RI Tinjau Persiapan Sidang

12-08-2022 /

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani melakukan peninjauan terhadap persiapan Sidang Tahunan  2022 yang akan diselenggarakan pada 16 Agustus 2022. di Senayan, Jakarta, Jumat (12/8/2022). Foto: Andri.

 

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani melakukan peninjauan terhadap persiapan Sidang Tahunan  2022 yang akan diselenggarakan pada 16 Agustus 2022. Sidang Tahunan ini merupakan Sidang Tahunan pertama yang akan dihadiri oleh seluruh anggota DPR RI setelah selama pandemi Covid-19 diselenggarakan secara terbatas.

 

Puan meninjau lokasi Sidang Tahunan seusai mengikuti rapat persiapan Sidang Tahunan 2022 di Gedung DPR bersama sejumlah Wakil Ketua DPR RI. Didampingi Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar dan jajarannya, Ia meninjau Ruang Paripurna  di Gedung Nusantara. “DPR sudah sangat siap menyelenggarakan Sidang Tahunan 2022 yang merupakan amanat dari Tata Tertib MPR Nomor 1 Tahun 2014,” kata Puan dalam keterangan persnya yang diterima Parlementaria pada Jumat (12/8/2022).

 

Dalam peninjauannya, Ketua DPR RI itu merinci mulai dari persiapan lokasi, perlengkapan dan peralatan pendukung sidang. “Termasuk dari sisi pengamanan kegiatan yang telah dilakukan dengan optimal mengingat Sidang Tahunan akan dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, jajaran menteri, dan para duta besar negara sahabat,” ucapnya.

 

Pada Sidang Tahunan 2022 ini menggunakan ornamen batik kawung khas Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan ditampilkan di dalam lobi gedung DPR. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan kekhasan Indonesia yang selalu dilakukan DPR RI pada setiap event-nya dengan mengusung tema bernuansa nusantara.

 

“Tentunya kita buat semenarik mungkin tapi tetap menunjukkan kesederhanaan. Karena Sidang Tahunan juga sekaligus dalam rangkaian peringatan HUT RI, kita ingin nuansa nusantara cukup terasa,” tutur politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu.

 

Sidang Tahunan 2022 akan dihadiri secara fisik oleh 100 persen undangan. Dengan rincian undangan yakni 575 anggota DPR RI, 134 anggota DPD RI, Presiden dan Wakil Presiden, jajaran Menteri, dan pimpinan Lembaga Tinggi Negara. Selain itu, turut mengundang pula 103 Duta Besar, para mantan Presiden dan Wakil Presiden, hingga para Ketua Umum Partai Politik.

 

Mengingat situasi saat ini yang masih masa pandemi, protokol kesehatan secara ketat pun akan tetap diterapkan pada sidang tahunan kali ini. “Para tamu undangan diwajibkan melakukan tes swab PCR sebelum mengikuti sidang tahunan. Dan protokol kesehatan akan kita jaga betul,” terang Mantan Menko PMK.

 

Ketua DPR RI, tambahnya, mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menyaksikan Sidang Tahunan 2022 yang nantinya akan disiarkan secara langsung. Karena acara ini menjadi sarana komunikasi pemerintah untuk bisa menyampaikan hasil kerjanya secara langsung kepada rakyat.

 

“Dengan adanya Sidang Tahunan 2022, seluruh rakyat Indonesia dapat mengetahui bagaimana kinerja pelaksanaan wewenang dan tanggung jawab dari setiap lembaga negara selama satu tahun terakhir,” tutup Puan. (gal/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Bertemu Raja Sihamoni, Puan Berbagi Kenangan Masa Lalu RI-Kamboja
25-11-2022 /
Ketua DPR RI Puan Maharani diterima oleh Kerajaan Kamboja dalam kunjungannya ke 'land of the Khmer' itu. Bersama Raja Norodom...
Bertemu PM Kamboja, Ketua DPR RI Terima Tongkat Estafet Presidensi AIPA 2023
24-11-2022 /
Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani bertemu dengan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen sekaligus menghadiri Sidang Umum ASEAN Inter-Parliamentary Assembly...
Puan Soal Tanggap Darurat Gempa Cianjur: Penanganan Korban Jadi Prioritas
22-11-2022 /
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani meminta Pemerintah agar proses tanggap darurat gempa Cianjur dilakukan sebaik mungkin. Puan mengingatkan...
Puan Maharani Sebut Ketum HIPMI Terpilih Berperan dalam Keberlanjutan Program Pemerintah
22-11-2022 /
Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII beragendakan pemilihan Ketua Umum HIPMI yang baru. Ketua DPR RI Dr. (H.C)...