Puan Maharani: Penyelenggaraan P20 Jadi Momentum Perkuat Kolaborasi Hadapi Tantangan Global

16-08-2022 / PARIPURNA
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani. Foto: Dep/OD

 

 

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengapresiasi  langkah Presiden Joko Widodo dalam pertemuan G7 dan pemimpin-pemimpin negara yang sedang berkonflik beberapa waktu lalu. Menurut Puan, langkah tersebut sejalan dengan amanat Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

 

“DPR RI sendiri akan ikut berperan dalam menyukseskan Presidensi Indonesia di G20. Penyelenggaraan P20, yang merupakan forum ketua parlemen negara-negara G20, akan menjadi momentum dalam memperkuat kolaborasi untuk menghadapi tantangan global pada masa yang akan datang,” kata Puan dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2022-2023, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022). Rapat ini digelar usai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI.

 

Puan menyampaikan, pertemuan P20 dengan tema ‘Stronger Parliament for Sustainable Recovery’ yang akan berlangsung pada Oktober mendatang dinilai sejalan dengan tema Presidensi G20, yaitu ‘Recover Together, Recover Stronger’. Dalam P20 akan dibahas empat isu prioritas yakni soal akselerasi pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, ketahanan pangan dan energi, serta tantangan ekonomi, kemudian mengenai parlemen yang efektif dan demokrasi dinamis, hingga terkait inklusi sosial, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

 

Menurut Puan, keempat isu tersebut sangat relevan dalam rangka pemulihan global pasca Pandemi Covid-19. Termasuk dalam menghadapi berbagai permasalahan aktual global yang dihadapi saat ini. “DPR RI akan memberikan perhatian dan fokus pada isu ketahanan pangan, yang menjadi bagian dari isu pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau,” terang mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

 

Puan memandang, diperlukan komitmen bersama agar setiap negara dapat membangun kedaulatan pangannya tanpa dihalangi dengan berbagai hambatan termasuk isu-isu yang sering dikaitkan dengan perdagangan bebas. “DPR RI dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau telah melakukan langkah nyata yaitu dengan mengusulkan RUU EBT (Energi Baru dan Terbarukan) sebagai usul inisiatif DPR RI serta akan mulai menggunakan solar sel untuk memenuhi 25% kebutuhan listrik di gedung DPR RI,” paparnya.

 

Lebih lanjut, hasil dari P20 diharapkan dapat menetapkan sebuah kesepakatan bersama yang dapat mendorong adanya aksi nyata dalam merespons berbagai masalah global. “Kesepakatan P20 merupakan wujud komitmen bersama bahwa kita berusaha membangun suatu dunia yang sehat dan aman, kita berusaha membangun suatu dunia, di mana setiap orang dapat hidup dalam suasana damai,” urai politisi PDI-Perjuangan itu.

 

 “Kita berusaha membangun suatu dunia, di mana terdapat keadilan dan kesejahteraan untuk semua orang. DPR RI akan mendorong parlemen negara anggota P20 untuk terus melakukan kerja sama, sehingga dapat mencapai target yang diharapkan melalui kepemimpinan Indonesia pada P20,” tandas Puan. (ann,rnm/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tutup Masa Sidang, Puan Ungkapkan Duka Cita dan Ajak Anggota DPR Heningkan Cipta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan
04-10-2022 / PARIPURNA
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani ungkapkan duka cita, sekaligus mengajak anggota DPR mengheningkan cipta untuk korban-korban Tragedi Kanjuruhan...
Puan Maharani Ajak Seluruh Anggota DPR Hadiri dan Ikut Berpartisipasi dalam Forum KTT P20
04-10-2022 / PARIPURNA
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengajak seluruh anggota dewan untuk menghadiri dan berpartisipasi dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi...
Di Sidang Paripurna, Ketua DPR Soroti Berbagai Resiko Global yang Ancam Ketahanan APBN
04-10-2022 / PARIPURNA
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menyoroti berbagai risiko global yang masih mengancam ketahanan Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN)...
Puan Maharani Ungkapkan Keberhasilan DPR Tuntaskan Berbagai Tugas Konstitusionalnya
04-10-2022 / PARIPURNA
Ketua DPR RI Puan Maharani jelaskan bahwa sebagian besar perhatian dari rapat-rapat Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di masa persidangan saat...