IPU ‘Task Force’ Gelar Pertemuan Kelima Bahas Masa Depan Resolusi Konflik Rusia-Ukraina

22-08-2022 / B.K.S.A.P.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) IPU Fadli Zon yang juga merupakan anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) Task Force menghadiri pertemuan Satgas Parlemen Dunia atau IPU Task Force untuk resolusi konflik Rusia-Ukraina yang digelar secara virtual, pada Jumat (19/8/2022). Foto: Ist/Man

 

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) IPU Fadli Zon yang juga merupakan anggota Inter-Parliamentary Union (IPU) Task Force menghadiri pertemuan Satgas Parlemen Dunia atau IPU Task Force untuk resolusi konflik Rusia-Ukraina yang digelar secara virtual, pada Jumat (19/8/2022). Pertemuan tersebut membahas mengenai temuan-temuan penting hasil kunjungan ke Ukraina dan Rusia pada Juli lalu serta bagaimana langkah-langkah strategis kedepannya.

 

Fadli Zon dalam pertemuan yang dipimpin langsung oleh Presiden IPU Task Force Ali Al Nuaimi dari Arab Emirates tersebut mengapresiasi terlaksananya misi perdamaian kedua negara tersebut. Fadli menilai kunjungan tersebut sangat produktif dan memberikan gambaran yang komprehensif tentang konflik kedua negara.

 

"Saya sangat mengapresiasi IPU dan seluruh pihak dalam membantu mensukseskan misi perdamaian ke Rusia dan UKraina. Laporan yang disusun benar-benar menggambarkan kondisi faktual yang komprehensif," jelas Fadli dalam keterangan tertulis yang diterima Parlementaria, Minggu (21/8/2022).

 

Selain itu, Anggota Komisi I DPR RI tersebut juga menyuarakan agar IPU Task Force terus mencari celah agar ada keberlanjutan komunikasi dengan kedua belah pihak. "Saya sepenuhnya mendukung keberlanjutan komunikasi dengan IPU Task Force dengan parlemen Ukraina dan Rusia. Kita jangan menyia-nyiakan momen dan membiarkan situasi berlalu begitu saja tanpa ada gerakan dari Satgas IPU," tegasnya.

 

Diketahui, hingga saat ini, ketegangan masih berlangsung dan belum ditemukan solusi damai untuk mengakhiri konflik tersebut. IPU Task Force terus mengupayakan negosiasi damai antara kedua negara melalui diplomasi parlemen.  Hasil kunjungan delegasi IPU Task Force mengindikasikan adanya peluang untuk dibukanya negosiasi melalui jalur parlemen, kendati pun belum ada kepastian kapan bisa terealisasi.

 

Seluruh anggota IPU Task Force tetap berkomitmen untuk menjalankan mandat untuk resolusi konflik Rusia-Ukraina. Pada pertemuan tersebut, IPU Task Force sepakat untuk segera melaporkan hasil kunjungan ke Executive Committee yaitu organ tertinggi di IPU dan mempresentasikannya di hadapan Sidang Umum IPU ke-145 yang akan digelar di Kigali, Rwanda pada Oktober 2022 mendatang.

 

Sebagai informasi, IPU Task Force dibentuk berdasarkan resolusi berjudul 'Peaceful Resolution of the war in Ukraine, Respecting International Law, The Charter of the United Nation and territorial Integrity' yang diadopsi pada Sidang Majelis Umum IPU ke-144 di Nusa Dua pada Maret 2022 lalu. Sejak dibentuk pada awal April 2022, IPU Task Force secara rutin menggelar pertemuan membahas setiap perkembangan konflik Rusia-Ukraina.

 

Pada 10-15 Juni 2022, IPU Task Force telah berhasil menuntaskan misinya untuk mengunjungi Kyiv dan Moscow. Delegasi IPU Task Force juga telah menggelar dialog dengan pimpinan Parlemen Verkhovna Rada, Parlemen Ukraina dan State Duma Parlemen Rusia serta berbagai pihak terkait. (bia/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR dan LSPR Jepang akan Rancang Kerja Sama Tangani Mental Disorders
03-02-2023 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera menerima tamu delegasi Jepang dari LSPR Institute of Communication and Business. Dalam...
DPR Dorong Diplomasi Parlemen untuk Mewujudkan Stabilitas di ASEAN
01-02-2023 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menjelaskan pentingnya diplomasi parlemen guna mewujudkan stabilitas di kawasan...
Dewi Coryati: Parlemen Indonesia Dukung Keterwakilan Perempuan dalam Proses Perdamaian
01-02-2023 / B.K.S.A.P.
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dewi Coryati menegaskan, parlemen Indonesia mendukung partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam...
Gilang Dhielafararez Kecam Kunjungan Menteri Israel di Kompleks Al-Aqsa
31-01-2023 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Gilang Dhielafararez mengecam kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir...