Buka Potensi Baru, Indonesia-Iran Perkuat Kerja Sama Bidang Ekonomi dan Energi

31-08-2022 / B.K.S.A.P.

Ketua GSKB DPR RI-Iran Nihayatul Wafiroh dalam Kunjungan GKSB DPR ke Iran, Minggu (28/8/2022). Foto: Ist/Man

 

Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI mengunjungi Iran untuk membuka potensi yang baru dalam hubungan antara Indonesia-Iran. Sebagai dua negara berpenduduk muslim terbesar, masing-masing negara sepakat untuk memperkuat hubungan dalam aspek ekonomi sekaligus energi.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua GSKB DPR RI-Iran Nihayatul Wafiroh dalam Kunjungan GKSB DPR ke Iran, Minggu (28/8/2022). Dirinya menerangkan selama rangkaian kunjungan tiga hari yang terhitung pada 28-30 Agustus 2022 tersebut, kedua negara sudah mencatat sejumlah tantangan yang akan dihadapi dalam pengembangan kerja sama ekonomi dan energi.

 

Dari aspek kerja sama bidang perekonomian, jelas Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPR RI, akan ada tantangan berupa mekanisme pembayaran. Sehingga, Indonesia dan Iran sepakat menindaklanjuti ways and means dengan menjajaki mekanisme perdagangan barter dan fasilitas transaksi pembayaraan bagi kalangan bisnis Indonesia-Iran, salah satunya dengan melalui escrow account.

 

Selain itu, dirinya menerangkan masing-masing pihak berharap hubungan ekonomi ini menjadi salah satu agenda pertemuan Komite Konsultasi Bilateral (KKB) mendatang. Lebih lanjut, Indonesia-Iran berharap hubungan ekonomi ini menjadi pencapaian dalam kunjungan Presiden Ebrahim Raisi ke Indonesia dalam waktu dekat.

 

Pada pertemuan dengan Penasihat Senior Menteri Energi Iran, Mohammad-Ali Farahnakian, jelas Nihayatul, Delegasi GKSB DPR mendorong pengembangan kerjasama di bidang kelistrikan dan transisi energi berkelanjutan di Indonesia, utamanya perusahaan untuk berkolaborasi dalam pengembangan pembangkit listrik di Indonesia. Kedua pihak menekankan pentingnya melakukan revitalisasi MoU Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan yang telah ditandatangani tahun 2016 serta penyelenggaraan pertemuan Joint Technical Committee on Electricity and Renewable Energy.

 

Terakhir, dalam diskusi pada pertemuan dengan Sekretaris Jenderal INIC Profesor Saeed Sarkar, Delegasi DPR RI membahas perkembangan teknologi nano di Iran sekaligus potensi kerja sama pengembangan nanoteknologi di bidang energi, pertanian, konstruksi dan lingkungan hidup antara Indonesia dan Iran. Dalam kaitan ini, kedua pihak sepakat untuk melakukan upaya realisasi kerjasama dalam waktu tidak terlalu lama antara lain seminar antar perguruan tinggi, saling kunjung para akademisi dan penggalangan penelitian bersama.

 

Sebagai informasi, selama rangkaian kunjungan tersebut, Ketua GSKB DPR RI-Iran Nihayatul Wafiroh didampingi oleh Anggota Komisi VII DPR RI Tifatul Sembiring, Anggota Komisi XI DPR RI Satori, dan Anggota Komisi XI DPR RI Kamrussamad. Jajaran delegasi DPR RI turut menemui  sejumlah mitra Majelis (Parlemen) Iran seperti Kelompok Persahabatan Parlemen Iran-Indonesia (GKSB Iran), Wakil Ketua Majelis Iran, Kementerian Energi, serta Dewan Inovasi Teknologi Nano Iran (Iran Nanotechnology Innovation Council/INIC). (ts/sf)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR dan LSPR Jepang akan Rancang Kerja Sama Tangani Mental Disorders
03-02-2023 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera menerima tamu delegasi Jepang dari LSPR Institute of Communication and Business. Dalam...
DPR Dorong Diplomasi Parlemen untuk Mewujudkan Stabilitas di ASEAN
01-02-2023 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menjelaskan pentingnya diplomasi parlemen guna mewujudkan stabilitas di kawasan...
Dewi Coryati: Parlemen Indonesia Dukung Keterwakilan Perempuan dalam Proses Perdamaian
01-02-2023 / B.K.S.A.P.
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dewi Coryati menegaskan, parlemen Indonesia mendukung partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam...
Gilang Dhielafararez Kecam Kunjungan Menteri Israel di Kompleks Al-Aqsa
31-01-2023 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Gilang Dhielafararez mengecam kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir...