Ikuti Penghijauan di Toba, Puan Maharani Upayakan Infrastruktur Pembuatan Pupuk Organik

01-09-2022 /

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani melakukan penanaman pohon mangga di Kawasan Wisata Gantole, Huta Ginjang Kecamatan Muara. Kabupaten Tapanuli Utara. baru-baru ini. Foto: Kresno/Man

 

Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani berkomitmen akan mengupayakan infrastruktur yang dapat menunjang pembuatan pupuk organik. Hal itu ditegaskan Puan saat menghadiri kegiatan penghijauan di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) hingga menanam benih ikan di Danau Toba. 

 

Dalam kunjungan tersebut, Puan melakukan penanaman pohon mangga di Kawasan Wisata Gantole, Huta Ginjang Kecamatan Muara. Lokasinya persis di punggung bukit Tugu Aritonang yang menghadap Danau Toba. Rombongan kemudian menanam pohon mangga bersama warga Kecamatan Muara yang merupakan merupakan penghasil mangga.

 

Puan juga berdialog bersama masyarakat yang didampingi Bupati Tapanuli Selatan, Nikson Nababan. "Saya ajak anggota-anggota DPR ini untuk memikirkan Tapanuli Utara dan Sumatera Utara karena saya melihat Taput kok begini-begini saja. Makanya saya ajak anggota DPR untuk sama-sama memikirkan pembangunan di sini,” kata Puan dalam rilis media yang diterima Parlementaria, Kamis (1/9/2022). 

 

Puan lalu meminta warga untuk menyampaikan aspirasi mereka kepada dewan. Salah seorang warga yang berasal dari kelompok perempuan berharap agar mendapat fasilitas pengolahan pupuk organik karena mereka kesulitan mendapat pupuk.

 

Pengolahan pupuk kandang untuk kelompok tani akan berkolaborasi dengan peternak agar organik yang dihasilkan peternak bisa dijadikan pupuk untuk menanam padi, jagung, dan lainnya. Puan pun berjanji akan mengupayakan infrastruktur yang dapat menunjang pembuatan pupuk organik. “Untuk alat pupuk organik, kita akan usahakan,” sebut Puan.

 

Menyambut pernyataan Puan, seorang warga Toga Aritonang pun menyampaikan harapan yang sama. Ia berharap Puan dapat meneruskan kerja-kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun kepala desa setempat yang juga berharap agar wilayahnya memiliki Pacuan Kuda untuk menunjang pariwisata.

 

Puan pergi ke Danau Toba yang berada di wilayah Kecamatan Muara untuk melakukan penaburan bibit ikan yang tempatnya dekat Pelabuhan Muara. Sepanjang perjalanan dari lokasi penanaman pohon hingga penaburan bibit ikan, Puan disambut meriah warga yang berjejer rapi di pinggir jalan.

 

Selain menabur bibit ikan,  Puan berdialog dengan sejumlah pembudi daya ikan. Puan juga banyak memenuhi permintaan warga dan pedagang ikan dari pelabuhan untuk foto bersama. (ann/aha) 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Ketua DPR RI Tinjau Program Pasporia Terkait Pelayanan Paspor WNI ‘Overstay’ di Saudi  
08-12-2022 /
Ketua DPR RI (H.C) Puan Maharani didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly serta Dubes RI untuk Saudi Abdul...
Bertemu Pimpinan Parlemen Qatar, Puan Dorong Peningkatan Investasi di RI
05-12-2022 /
Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan bahwa dalam hubungan ekonomi, Qatar merupakan mitra strategis Indonesia dalam sektor perdagangan, walaupun neraca...
Puan Ungkap Sepakbola dan Olahraga Berpotensi Bawa Pesan Persaudaraan, Solidaritas dan Kesetaraan
05-12-2022 /
Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan bahwa Piala dunia 2022 yang tengah berlangsung ini membawa angin segar bagi kondisi global...
Puan Maharani Dorong KADIN Perkuat UMKM Agar Usaha Lokal Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
02-12-2022 /
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani berharap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memperkuat UMKM, guna memperkuat perekonomian bangsa....