Indonesia dan Polandia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Antar Parlemen

22-09-2022 / B.K.S.A.P.

Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon foto bersama usai menerima kunjungan delegasi Parlemen Polandia yang dipimpin Ketua Grup Kerja Sama Polandia-ASEAN Krzystof Gadowski di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022). Foto: Jaka/Man

 

Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menerima kunjungan delegasi Parlemen Polandia yang dipimpin Ketua Grup Kerja Sama Polandia-ASEAN Krzystof Gadowski. Keduanya membahas berbagai isu terkini dan sepakat meningkatkan kerja sama antar Parlemen diberbagai bidang.

 

"Kita berharap bahwa kedua parlemen bisa terus meningkatkan kerjasama. Mereka sangat tertarik dengan sejumlah isu terutama soal perubahan iklim, energi dan juga pertukaran di bidang pendidikan dan pariwisata," ujar Fadli usai menerima delegasi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

 

Fadli menuturkan, hubungan diplomatik antara Indonesia dan Polandia terjalin sejak tahun 1955, hubungan kedua negara sudah sangat erat. "Kami melihat hubungan antara Indonesia-Polandia ini sangat strategis karena Polandia juga memimpin negara di sentra Eropa, terutama di kisaran negara-negara yang disebut Grup Visegrad," ujar Fadli.

 

Lebih lanjut, Fadli menambahkan, keduanya juga membahas situasi terkini di Eropa serta implikasi geopolitik Ukraina dan Rusia yang memberikan dampak sangat luas terhadap berbagai sektor khususnya sektor energi. Menurutnya, isu di bidang energi ini kerap diperbincangkan dalam berbagai forum internasional.

 

"Meskipun ada sejumlah dampak lainnya terutama di bidang pangan, namun di bidang energi sanksi yang diberikan Eropa kepada Rusia ternyata juga membuat Eropa mengalami satu kelangkaan energi dengan harga energi yang sangat tinggi dan sangat mahal," katanya. Selain itu, Polandia juga tercatat sebagai negara yang paling banyak menerima pengungsi Ukraina. Negara yang berbatasan langsung dengan Ukraina ini menampung lebih dari 6 juta pengungsi Ukraina, meskipun sebagian dari pengungsi sudah kembali ke Ukraina.

 

Dalam konteks ini, Fadli menilai pergelaran The 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) dimana DPR RI menjadi tuan rumah diharapkan dapat menjadi saluran diplomasi parlemen. "Kami mengundang Rusia dan juga beberapa negara lain, termasuk Ukraina. Kami harapkan bisa menjadi salah satu platform untuk dialog. Mudah-mudahan itu bisa terjadi karena ujung dari semua konflik dan perang itu adalah dialog dan diplomasi," urai Fadli.

 

Dalam pertemuan tersebut ditekankan bahwa Indonesia dan Polandia berupaya untuk meningkatkan kerjasama di bidang pertahanan maritim, industri pertahanan, pariwisata, ekonomi hijau, pendidikan dan pertukaran pelajar, serta energi terbarukan.

 

"Kita juga banyak bertukar best practices apa yang mereka lakukan terkait renewable energy. Tadi juga kita sampaikan kita juga dalam satu proses yang masih terus berusaha meningkatkan renewable energy kita dengan target di atas 20% pada tahun 2025. Sekarang ini hanya sekitar 11% dan kita masih negara yang menggunakan energi fosil. Nah ini yang pelan-pelan kita ubah menjadi renewable energy dan kita mempunyai target sesuai dengan arahan atau perintah UU," tandas Fadli. (ann/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
DPR dan LSPR Jepang akan Rancang Kerja Sama Tangani Mental Disorders
03-02-2023 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Mardani Ali Sera menerima tamu delegasi Jepang dari LSPR Institute of Communication and Business. Dalam...
DPR Dorong Diplomasi Parlemen untuk Mewujudkan Stabilitas di ASEAN
01-02-2023 / B.K.S.A.P.
Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon menjelaskan pentingnya diplomasi parlemen guna mewujudkan stabilitas di kawasan...
Dewi Coryati: Parlemen Indonesia Dukung Keterwakilan Perempuan dalam Proses Perdamaian
01-02-2023 / B.K.S.A.P.
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Dewi Coryati menegaskan, parlemen Indonesia mendukung partisipasi dan keterwakilan perempuan dalam...
Gilang Dhielafararez Kecam Kunjungan Menteri Israel di Kompleks Al-Aqsa
31-01-2023 / B.K.S.A.P.
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Gilang Dhielafararez mengecam kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir...