Turut Lestarikan Batik, Puan Ikuti Parade Kebaya di Solo

03-10-2022 /

Ketua DPR RI Puan Maharani saat menghadiri Parade Kebaya di Solo, Jawa Tengah, yang digelar untuk memeriahkan Hari Batik Nasional 2022. Foto: Bonis/nvl

 

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri Parade Kebaya di Solo, Jawa Tengah, yang digelar untuk memeriahkan Hari Batik Nasional 2022. Ia hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju dan istri para gubernur se-tanah air.

 

Acara bertajuk ‘Berkebaya Bersama Ibu Negara’ itu digelar di depan rumah dinas wali kota Solo, tepatnya di Loji Gandrung hingga Ndalem Wuryoningratan, Minggu (2/10/2022). Sebanyak 2.500 peserta mengikuti Parade Kebaya tersebut, bahkan ada yang datang dari luar Kota Solo.

 

“Berbicara soal batik, kita tidak bisa terlepas dari Kebaya yang juga merupakan warisan budaya Indonesia. Acara Parade Perempuan ini sekaligus mendukung Kebaya Goes to UNESCO,” ujar Puan dalam rilis media yang diterima Parlementaria.

 

Sebelum mengikuti acara bersama Iriana, Puan mendatangi Kampung Batik Kauman di Solo. Ia mendatangi rumah-rumah produksi dan showroom batik dengan menyusuri lorong-lorong Kampung Batik Kauman.

 

Mengenakan Vest batik merah bermotif Mega Mendung, Puan menemui warga yang sedang memproduksi batik. Sesekali, ia juga tampak berbincang dengan para pembatik di Kampung Kauman.

 

Puan sengaja menyempatkan datang ke Kampung Kauman yang memang dikenal sebagai salah satu sentra batik di Indonesia. Ia ingin memberi dukungan kepada desainer maupun pelaku UMKM batik.

 

“UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Karya Agung Budaya Lisan dan Nonbendawi dari Indonesia. Tugas kita bersama untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya kebanggaan Indonesia,” kata mantan Menko PMK itu.

 

Seperti diketahui, batik resmi menjadi bagian 76 seni dan tradisi dari 27 negara yang diakui UNESCO. DPR pun terus memberi dukungan kepada Pemerintah dalam program-program promosi batik di seluruh dunia.

 

“Atas nama DPR RI, saya mengucapkan selamat Hari Batik Nasional 2022 untuk seluruh masyarakat. Sama seperti keberagaman budaya di Indonesia, batik juga memiliki banyak ragam motif yang indah seperti wajah budaya-budaya Indonesia. Mari bersama-sama kita bergotong royong mengenalkan dan mempromosikan batik agar semakin mendunia,” tutupnya. (rnm/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Puan Maharani Dorong KADIN Perkuat UMKM Agar Usaha Lokal Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri
02-12-2022 /
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani berharap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memperkuat UMKM, guna memperkuat perekonomian bangsa....
Orasi Ilmiah di UBK, Puan Ajak Pemuda Teruskan Cita-Cita Bung Karno Bangun Karakter Bangsa
30-11-2022 /
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengajak para wisudawan dan wisudawati untuk berpartisipasi membangun Indonesia saat menyampaikan orasi ilmiah...
Umumkan Nama Calon Panglima TNI, Puan: Akan Ditindaklanjuti Sesuai dengan Mekanisme
28-11-2022 /
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan MaharaniumumkanKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNIpengganti...
Naik Kapal Selam KRI Alugoro-405, Ketua DPR RI Terima Brevet Kehormatan TNI AL
28-11-2022 /
Ketua DPR RI Puan Maharani menjadi salah satu warga kehormatan TNI AL (angkatan laut) setelah sebelumnya menerima brevet kehormatan Hiu...