Momentum Hari Pahlawan Jadi Pelecut Semangat Pelayanan ASN

10-11-2022 / SEKRETARIAT JENDERAL

Plt Deputi Bidang Persidangan Setjen DPR RI Suprihartini (kiri) saat mengikuti upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November. Foto: Oji/nr

 

Plt Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Suprihartini menegaskan momentum Hari Pahlawan yang kerap diperingati pada 10 November harus menjadi pelecut semangat pelayanan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). Meski telah berbeda zaman, tambahnya, namun nilai-nilai keberanian dan pengorbanan pahlawan di medan perang tetap dapat diaplikasikan dalam berbagai lini kehidupan termasuk dalam menjalani tugas keseharian.

 

Karena itu, ia mendorong ASN agar bisa menjadikan semangat perjuangan para pahlawan sebagai suri tauladan agar dapat membangun negara menuju Indonesia yang adil dan makmur.

 

Nah untuk kita semuanya generasi penerus khususnya generasi pemuda, kita berharap dapat mengambil suri tauladan dari segala contoh sikap dan keberanian dari para pahlawan kita bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif untuk membangun negara ini menuju negara yang adil dan makmur untuk kita semua,” ujar Suprihartini kepada Parlementaria, usai upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan 10 November di lapangan Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

 

Suprihartini mengajak para Aparatur sipil Negara (ASN) khususnya di lingkungan Setjen DPR RI agar bisa mengisi kemerdekaan dengan melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Ia juga menyinggung unsur pelayanan masyarakat sebagai salah satu tugas ASN, seperti yang tertuang dalam salah satu core value ASN ‘Berakhlak’, yaitu Berorientasi pada layanan.

 

“Bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini dengan melaksanakan semua tugas-tugas yang sudah diamanatkan kepada kita dengan sebaik-baiknya sebagai unsur pelayanan masyarakat kita memberikan seluruh dedikasi kita untuk membangun negeri ini,” tambahnya.

 

Lebih lanjut ia pun mengingatkan para ASN di lingkungan Setjen DPR RI untuk senantiasa mendukung pelaksanaan tiga fungsi Dewan Perwakilan Rakyat sebagai. Hal tersebut juga tertuang sebagai salah satu misi Setjen DPR RI, yaitu memberikan dukungan dan pelayanan prima bagi pelaksanaan tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

 

“Sekretariat Jenderal DPR RI sebagai supporting system bagi dewan, kita melaksanakan tugas dalam rangka mendukung pelaksanaan 3 fungsi dewan itu, fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Jadi kita bagaimana memaknai hari pahlawan ini dengan mengambil suri tauladan untuk kita semua” tutup Suprihartini.

 

Diketahui, Setjen DPR RI memiliki tugas utama mendukung kelancaran pelaksanaan wewenang dan tugas Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di bidang persidangan, administrasi, dan keahlian. Untuk Itu Setjen DPR RI memiliki Misi antara lain, Pertama, Memberikan dukungan dan pelayanan prima bagi pelaksanaan tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia; Kedua, melaksanakan tata kelola kelembagaan pemerintahan yang profesional, baik, dan bersih di lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia; Ketiga, Menyajikan data yang lengkap, akurat, dan andal sebagai bahan dalam pengambilan keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. (uc, rgt/rdn)

 

 


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Deputi Administrasi Lantik 71 PNS Setjen DPR RI
01-02-2023 / SEKRETARIAT JENDERAL
Deputi Administrasi Sekretariat Jenderal DPR RI Sumariyandono secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap 71 CPNS dan 31 pejabat...
Jaga Imun, Setjen DPR Gelar Vaksinasi Covid-19
30-01-2023 / SEKRETARIAT JENDERAL
Turut mendukung program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menekan angka kasus Covid-19, Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI menggelar kegiatan Vaksinasi Covid-19...
Setjen DPR RI Lepas Lima Pegawai Purnabakti, Apresiasi Kepada yang Telah Mengabdi
30-01-2023 / SEKRETARIAT JENDERAL
Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI melepas lima Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memasuki masa purnabakti. Deputi Bidang Administrasi Sumariyandono...
Gelar 'Flashmob' Tari Beksan Wanara, KORPRI DPR Beri Ruang Anggota Berekspresi
20-01-2023 / SEKRETARIAT JENDERAL
Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Sekretariat Jenderal DPR RI menggelar pertunjukan kolaborasi antara tari, karawitan, band, dan juga senam di...