Netty Aher Sosialisasikan Dampak Stunting Lewat Senam

27-11-2022 / LAIN-LAIN

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher. Foto: Dok/Man

 

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menghadiri kegiatan Senam Mahabbah Cegah Stunting bersama BKKBN dan Wanita Persatuan Ummat Islam (PUI) di Alun-Alun Gegesik, Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan untuk mensosialisasikan dampak stunting kepada masyarakat.

 

Netty mengungkapkan bahwa stunting menjadi ancaman besar bagi masa depan Indonesia. "Anak yang stunting tidak dapat diharapkan menjadi SDM unggul dan berkualitas oleh sebab memiliki kendala pertumbuhan fisik dan perkembangan intelektual. Kalau kasus stunting tinggi, maka dapat menjadi ancaman bagi masa depan Indonesia,” kata Netty dalam keterangannya yang diterima Parlementaria, Sabtu (26/11/2022).

 

Menurut politisi asal Jawa Barat ini, kasus stunting di Indonesia mencapai angka 24 persen, masih di atas kewajaran yang ditetapkan WHO. "Kita harus peduli dan serius menangani stunting agar Indonesia memiliki generasi masa depan berdaya saing tinggi yang sanggup mengelola sumber daya alam kita yang kaya raya," kata Netty.

 

Untuk itu, Netty mengajak peserta senam yang hadir agar memilih makanan yang sehat, rajin olah raga dan menghindari merokok agar lahir SDM unggul terhindar stunting dan siap menjadi pemimpin masa depan. "Bayangkan saja bagaimana nasib generasi penerus ini jika mereka stunting," kata Netty.

 

Selain itu, Netty juga mengkritik kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM sebagai kebijakan yang bertolak belakang dengan misi penurunan prevalensi stunting di Indonesia. "Harga BBM yang naik pastinya juga berdampak pada naiknya harga bahan pokok dan pangan bergizi di pasaran. Padahal pangan bergizi ini menjadi salah satu faktor penting yang dikonsumsi untuk menghindari stunting pada anak" katanya.

 

Dengan tetap mematuhi prokes yang berlaku, acara Senam Mahabbah Cegah Stunting dihadiri oleh berbagai kelompok senam dan komunitas kesehatan di Cirebon lainnya. "Harapannya dengan adanya acara Senam Mahabbah Cegah Stunting ini kita semua peduli dengan ancaman stunting. Mari kita tularkan kepedulian ini kepada orang-orang terdekat," sebutnya.

 

Selain Senam Mahabbah Cegah Stunting, acara ini juga diramaikan dengan sejumlah acara lain. Salah satunya adalah pemeriksaan kesehatan gratis. (ann/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tolak Usulan Kenaikan Biaya Haji, Fadli Zon Minta Audit Khusus BPKH dan Dana Haji
28-01-2023 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Fadli Zon menolak usulan kenaikan biaya haji. Selain itu, dirinya juga meminta audit khusus Badan Pengelola Keuangan...
Persekutuan Doa Oikumene Parlemen Berbagi Nasi Kotak di Jalan
27-01-2023 / LAIN-LAIN
Persekutuan Doa Oikumene (PDO) MPR/DPR/DPD RImenggelar Bhakti Sosial Jumat Agung dengan membagikan nasi kotak kepada petugas kebersihan, petugas keamanan, tukang...
DPR Hadiri Sidang Uji Materi MK terkait Gugatan UU Pemilu
26-01-2023 / LAIN-LAIN
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menghadiri sidang uji materi (judicial review) di Mahkamah Konstitusi terkait gugatan UU Nomor...
Saleh Daulay Pertanyakan Kinerja BPKH Mengelola Dana Haji
26-01-2023 / LAIN-LAIN
Anggota DPR RI Saleh Daulay menilai Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) belum punya banyak prestasi dalam meningkatkan nilai manfaat dana...