Jelang Nataru, Harga Pangan Pasar Cikopo Masih Stabil

28-11-2022 / KOMISI IV

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi IV DPR RI di Purwakarta, Senin (28/11/2022). Foto: Nadhen/Man

 

Harga bahan pangan di Pasar Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat masih relatif stabil menjelang momen Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi dalam Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi IV DPR RI ke Purwakarta.

 


"Barang-barang relatif harganya stabil, tidak ada lonjakan harga yang mencemaskan, mulai dari harga sayur mayur, kemudian sampai harga beras," ujar Dedi kepada Parlementaria usai melakukan peninjauan, di Purwakarta, Senin (28/11/2022).

 

Lebih lanjut, Politisi Partai Golkar itu menjelaskan bahwa ketersediaan bahan pangan di Pasar Cikopo juga masih aman. Ia yakin masyarakat tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahan pokok di pasar tersebut. Hal itu karena berdasarkan tinjauan yang dilakukan, berbagai jenis bahan pokok di pasar tersebut masih melimpah.

 

Namun, Dedi meminta para stakeholder terkait untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal di luar rencana, sehingga menyebabkan harga bahan pangan melonjak. Dedi menginginkan agar stok di pasar terus diawasi ketersediannya. Jika perlu, kata dia, pemerintah bisa memberikan subsidi ke masyarakat agar daya beli masyarakat masih stabil.

 

Dedi kemudian mengimbau masyarakat kalangan menengah ke atas untuk tidak terlalu konsumtif membeli bahan pangan menjelang Nataru. Ia menyebut hal itu bisa menyulut kenaikan harga di pasar.

 

"Saya mengimbau kepada yang punya duit, konsumsinya jangan terlalu banyak. Kalau yang gak punya duit kan gak konsumsi banyak-banyak, tetap saja segitu, standar," ucap Legislator Dapil Jawa Barat VII ini.

 

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah berharap agar harga di Pasar Cikopo terus stabil bahkan hingga lewat momen Nataru. "Kita harapkan satu bulan ke depan sampai akhir tahun keadaan masih akan tetap baik, bahkan sampai bulan Februari atau Maret 2023," ucapnya di kesempatan yang sama.

 

Sebagai informasi, dalam kunspek ke Purwakarta kali ini turut hadir berbagi mitra kerja dari Komisi IV DPR RI. Adapun mitra yang hadir yakni Kementerian Pertanian, beberapa BUMN Pangan (ID Food dan Bulog), serta berbagai pejabat daerah dari Kabupaten Purwakarta. (ndn/rdn)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Komisi IV Pertanyakan KLHK terkait Perizinan Pabrik Ilegal Arang Mangrove di Kepri
06-02-2023 / KOMISI IV
Ketua Komisi IV DPR RI Sudin sampaikan temuan hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan Komisi IV DPR RI di Kepulauan...
Komisi IV Desak KLHK Tindaklanjuti Laporan Kerusakan Lingkungan oleh PT Freeport di Mimika
06-02-2023 / KOMISI IV
Komisi IV DPR RI menyampaikan laporan masyarakat Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah yang atas pencemaran dan kerusakan lingkungan akibat permasalahan...
Polemik Data Beras, Komunikasi Publik Antar ‘Stakeholder’ Pemerintah Harus Terbangun Baik
04-02-2023 / KOMISI IV
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini meminta komunikasi publik antarstakeholderdi pemerintah harus terbangun dengan baik, khususnya terkait...
Pemerintah Harus Kasih Solusi Penggilingan Padi Lokal Tak Mampu Beli Gabah Petani
03-02-2023 / KOMISI IV
Anggota Komisi IV DPR RI Ema Umiyyatul Chusna meminta pemerintah harus kasih solusi bagi penggilingan padi lokal yang berkapasitas kecil...