Puan Ungkap Sepakbola dan Olahraga Berpotensi Bawa Pesan Persaudaraan, Solidaritas dan Kesetaraan

05-12-2022 /
Ketua DPR RI Puan Maharani berfoto bersama Ketua Majelis Syuro Qatar, Hassan bin Abdullah Al-Ghanim di Doha, Qatar. Foto:Dok/rni

 

 

Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan bahwa Piala dunia 2022 yang tengah berlangsung ini membawa angin segar bagi kondisi global yang penuh tantangan. Bahkan sepakbola, juga olahraga secara keseluruhan, berpotensi membawa pesan persaudaraan, kesetaraan, dan solidaritas.

 

“Setelah setahun ini dunia dilanda meningkatnya ketegangan geopolitik, dan berbagai krisis, maka piala dunia ini membawa angin segar bagi kondisi global yang penuh tantangan. Sepakbola, dan olahraga secara umum juga berpotensi membawa pesan persaudaraan, kesetaraan, dan solidaritas,” ujar Puan Maharani saat pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Syuro Qatar seperti dalam keterangan persnya, Senin (5/12/2022).

 

Dalam pertemuan yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPR RI Kordinator bidang Industri dan Pembangunan, Rachmat Gobel itu, Puan juga menyinggung soal undangan Indonesia kepada Presiden FIFA saat G20 Summit untuk berbicara dan menyampaikan pesan solidaritas tersebut bagi para pemimpin dunia.

 

Menurut Puan, nilai-nilai persaudaraan dan solidaritas inilah yang diharapkan dapat meningkatkan kerja sama internasional di saat dunia mengatasi berbagai krisis global yang kompleks dan bersifat multi-dimensi. Sebagaimana dalam olahraga sepakbola, para pemimpin negara juga diharapkan meningkatkan semangat kerja, untuk mencapai tujuan sebagai satu tim.

 

“Satu keluarga di desa global (global village), menuju masa depan yang lebih baik,” tambahnya. Lebih lanjut Politisi dari Fraksi PDI-Perjuangan ini juga menyampaikan apresiasi atas hubungan diplomatik Indonesia dan Qatar yang sudah terjalin selama 46 tahun sejak tahun 1976. Ia menegaskan, Qatar merupakan negara yang sangat penting dan merupakan sahabat bagi Indonesia.

 

“Saya sangat bahagia dengan hubungan bilateral yang baik antara kedua negara yang ditunjukkan dengan undangan bagi Indonesia sebagai ‘Partner Country pada Tahun Budaya 2023’ dan ikut berpartisipasi dalam acara ‘Horticultural Expo, Doha 2023’,” lanjut Puan.

 

Ia berharap, partisipasi tersebut akan terus meningkatkan dan membawa hubungan kedua negara ke tingkatan yang lebih tinggi lagi. Dan sebagai Ketua DPR RI, Puan memastikan selalu memberikan dukungan agar hubungan Indonesia-Qatar semakin kuat.

 

“Kita perlu kembangkan hubungan antar masyarakat (people-to-people ties). Hubungan kuat antar masyarakat akan menjadi fondasi kokohnya hubungan kedua negara,” tegasnya. Dalam acara yang juga dihadiri oleh perwakilan parlemen Mesir, Oman, Panama, Irak, dan Kamerun di awal pertemuan itu, Puan tidak lupa mengucapkan selamat untuk Qatar atas penyelenggaraan Piala Dunia 2022.

 

Ia berharap Piala dunia di Doha ini berjalan sukses dan lancar hingga masuk babak final. Tentunya pertandingan ini telah menjadikan Qatar menjadi pusat perhatian dunia pada akhir tahun 2022. (ayu/aha)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Wakili DPR RI, Puan Maharani Sampaikan Dukacita Peristiwa Gempa Turki
07-02-2023 /
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani menyampaikan duka cita atas peristiwa gempa berkekuatan 7,8 Magnitudo (M) yang melanda di...
Bertemu Lindsay Hoyle di Inggris, Puan Minta Tak Ada Diskriminasi Produk RI
02-02-2023 /
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani melakukan kunjungan kerja ke Inggris. Dalam kunjungannya, Puan didampingi Dubes LBBP RI untuk...
Berusia 1 Abad, Puan Harap NU Selalu Warnai Dunia dengan Wajah Kemanusiaan
01-02-2023 /
Ketua DPR RI Dr (H.C) Puan Maharani mengucapkan selamat kepada Nahdlatul Ulama (NU) yang kini telah berusia 100 tahun. Puan...
Ketua DPR: Islam dan Demokrasi Dapat Berjalan Seiring
31-01-2023 /
Dalam Forum Parliamentary Union of the Organisation of Islamic Cooperation (OIC) atau Konferensi Persatuan Parlemen Negara Anggota Organisasi Kerja Sama...