RUU Keperawatan Sebagai Manifestasi DPR

08-07-2013 / KOMISI IX

Pada hakekatnya RUU Keperawatan merupakan manifestasi  dan kesungguhan DPR dalam memperhatikan masalah kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan mewakili pemerintah saat  menyampaikan Pandangan dan Penjelasan Pemerintah terhadap RUU Keperawatan dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (8/7)

“Pemerintah menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas pengajuan RUU Keperawatan ini,” kata Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi.

Menurut Nafsiah Mboi, pembangunan kesehatan sebagai bagian dari pembangunan nasional bertujuan meningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Pembangunan kesehatan tersebut merupakan upaya seluruh bangsa baik masyarakat, swasta maupun pemerintah,” imbuhnya.

Penyelenggaraan pembangunan kesehatan, kata Nafsiah Mboi, perlu didukung oleh tenaga kesehatan yang berkualitas dan memadai jumlahnya.

Ia menjelaskan, perawat sebagai salah satu jenis tenaga kesehatan pemberi pelayanan kesehatan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan secara profesional, kompeten dan memenuhi standar.

“Keberadaan RUU Keperawatan pada dasarnya didorong oleh keinginan untuk memiliki undang-undang sendiri di luar undang-undang yang mengatur tenaga kesehatan,” jelasnya.

Disampaikan Nafsiah Mboi, bahwa pemerintah sangat menghargai perhatian pimpinan dan anggota dewan yanng telah secara maksimal menyusun dan menyiapkan RUU Keperawatan tersebut.

Dalam proses pembahasanan sangat mungkin bisa terjadi perbedaan pandangan, namun dengan semangat bersama untuk melahirkan RUU yang baik, kata Nafsiah Mboi, pemerintah berkeyakinan akan dapat menyelesaikan RUU ini melalui musyawarah untuk mencapai kata mufakat. (sc)/foto:odjie/parle/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Program Dapur Sehat Diharapkan Berdampak pada Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Gowa
04-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham mengapresiasi Pemerintahan Kabupaten Gowa atas percepatan penurunan stunting. Pemerintah daerah dianggap mempunyai...
Perlu Edukasi dan Keterlibatan Tokoh Masyarakat Guna Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Gowa
03-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Yahya Zaini menilai perlu adanya edukasi dan keterlibatan tokoh masyarakat guna menurunkan angka stunting di...
Perlunya Kampanye Masif Untuk Turunkan Angka Stunting Di Gowa
03-02-2023 / KOMISI IX
Pemerintah saat ini menargetkan persoalan stunting atau gagal tumbuh kembang anak akibat gizi kronis di seluruh daerah bisa turun menjadi...
Legislator Soroti Pelaksanaan Program PMT Di Batam
03-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menyoroti efektivitas program pemerintah terkait Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita yang mengalami...