Voting Diketok, Ruhut Mundur

07-10-2013 / KOMISI III

Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso yang memimpin jalannya sidang sebenarnya sudah mengetok palu, rapat pleno penetapan Ketua Komisi III akan berlanjut dengan voting. Langkah ini diambil setelah upaya musyawarah mufakat untuk menetapkan Ruhut Sitompul sebagai kandidat tunggal usulan Frakis Partai Demokrat gagal dilakukan.

Sebelum persiapan pemungutan suara dilakukan sang kandidat mengajukan interupsi untuk menyampaikan sesuatu. "Kawan-kawan kami menolak voting karena ini adalah hak fraksi kami," kata Ruhut mengawali.

Ia kemudian mengulas pencalonan dirinya telah mengundang polemik di komisi yang telah membesarkan dirinya. Sebagai politisi yang menjalankan perintah partai, ia mencermati keberatan yang disampaikan sejumlah anggota komisi. Suaranya tertahan menahan haru ketika mencoba mengklarifikasi soal isu kumpul kebo yang pernah dilontarkan dalam rapat sebelumnya.

"Saya mohon maaf teman-teman kita diajarkan untuk menjadi negararawan. Saya kali ini tidak akan membuka aib kawan (yang menolak saya) karena saya ingin bersahabat. Tegas saya katakan saya mengundurkan diri sebagai calon ketua dan saya tetap anggota kalian, tetap sahabat aku," ujarnya terbata-bata.

Seizin pimpinan sidang Ruhut kemudian memperkenalkan istri sah yang telah dinikahinya kepada seluruh peserta rapat. Walaupun langkah ini sempat ditolak sejumlah anggota karena dinilai tidak lazim dalam sebuah rapat resmi tetapi suara lain menyatakan pemaklumannya.

"Saya sebagai pimpinan sidang memberikan penghormatan yang tinggi kepada saudara Ruhut Sitompul. Akhirnya beliau mempertimbangkan kebaikan bersama, ini jalan tengah yang luar biasa. Kalau tadi kita melakukan voting pasti akan meninggalkan luka," kata Priyo. Ia kemudian meminta persetujuan peserta rapat atas pengunduran diri tersebut.

Wakil Ketua DPR bidang Korpolkam ini  berharap FPD dapat segera menyampaikan nama baru untuk dibahas dan ditetapkan dalam rapat pleno yang dijadwalkan dalam waktu tidak terlalu lama. "Sebelum semuanya berubah saya nyatakan Pak Pasek tetap menjadi Ketua Komisi III," demikian Priyo. (iky)foto:wahyu/parle/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kepolisian Harus Menggelar Proses Etik untuk Penanganan Kasus 'Polisi Peras Polisi'
06-02-2023 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni mendorong kepolisian agar menggelar proses etik Kisruh Bripka Madih dan eks penyidik Polda...
Sahroni Minta Polri Usut Tuntas Perubahan Frasa Putusan MK
05-02-2023 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta Polri mengusut tuntas laporan terhadap sembilan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terkait...
Taufik Basari: Komisi III Jadwalkan Ulang Rapat dengan Keluarga Hasya
03-02-2023 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari mengatakan Komisi III DPR bakal mengagendakan ulang Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan...
Jangan Ada Diskriminasi Antarpengguna Jalan
02-02-2023 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menolak usulan sepeda motor besar atau moge bisa melintasi jalan tol. Menurut...