Komisi III Setujui Sutarman Secara Aklamasi

18-10-2013 / KOMISI III

Proses panjang uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri yang berlangsung lebih dari 12 jam itu akhirnya berakhir. Kandidat tunggal yang telah diusulkan presiden disetujui secara aklamasi oleh seluruh fraksi.

"Komisi III menerima pemberhentian Kapolri Jenderal Timur Pradopo dan menyepakati pencalonan Komjen Sutarman. Apakah seluruh anggota menyetujui?," tanya Ketua Komisi III, Pieter C. Zulkifli. Sahutan setuju dari peserta rapat kemudian memenuhi ruang sidang di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/13).

Sebelum meminta persetujuan, masing-masing juru bicara fraksi diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat akhirnya. Anggota Komisi III yang juga Ketua Fraksi Partai Hanura, Syarufidin Sudding mengigatkan Presiden SBY patut menyampaikan alasan yang jelas kepada publik mengapa mengganti Kapolri Jenderal Timur Pradopo yang baru memasuki masa pensiun Januari nanti.

Sementara itu kepada wartawan usai rapat calon Kapolri terpilih Komjen Pol. Sutarman menekankan kembali program utamanya, apabila nanti bertugas memimpin institusi Korps Bhayangkara tersebut. Ia berkomitmen untuk dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Saya akan berupaya dapat mengadirkan anggota saya saat masyarakat membutuhkan itu aspek pencegahan. Dari aspek penindakan kita akan beri penekanan pada kasus narkoba, terorisme dan korupsi. Itu janji yang harus dipenuhi kalau tidak dosa," paparnya.

Wakil Ketua Komisi III Tjatur Sapto Edi menyebut hasil fit and proper test ini akan segera disampaikan pada rapat Bamus (Badan Musyawarah) untuk kemudian ditetapkan menjadi keputusan DPR dalam rapat paripurna terdekat. (iky)/foto:wahyu/parle/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Anggota Komisi III Dorong Penyelidikan Sebab Akibat Bentrokan Tenaga Kerja di PT GNI
20-01-2023 / KOMISI III
Anggota komisi III DPR RI Supriansa menilai bahwa bentrokan tenaga kerja asing dengan tenaga kerja lokal Indonesia yang terjadi di...
Legislator Sesalkan Demonstrasi Tenaga Kerja PT GNI Memakan Korban Nyawa
20-01-2023 / KOMISI III
Anggota komisi III DPR RI Sarifudin Suding sesalkan adanya dua korban meninggal dunia atas demonstrasi para tenaga kerja lokal di...
Eva Yuliana: Tidak Ada 'Restorative Justice' Bagi Kasus Pemerkosaan
20-01-2023 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Eva Yuliana mengutuk keras pemerkosaan oleh enam pemuda terhadap seorang gadis berusia 15 tahun di...
Komnas HAM Diminta Aktif Tindak Lanjuti Penyelesaian Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu
19-01-2023 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh memimpin Rapat Kerja (Raker) dengan Komnas HAM dan Komnas Perempuan. Rapat...