Komisi III Tagih Aturan Polwan Berjilbab

17-10-2013 / KOMISI III

Sejumlah anggota Komisi III mempertanyakan lambatnya realisasi kebijakan pengaturan jilbab bagi anggota Polisi Wanita (Polwan). Calon Kapolri Komjen Pol. Sutarman diminta komitmennya untuk segera menyelesaikan peraturan tersebut.

"Dalam Rapat Kerja dengan Kapolri, Pak Timur Pradopo sudah digambarkan ada 61 model usulan jilbab yang akan dipilih tapi sampai sekarang surat keputusannya belum keluar," kata Wakil Ketua Komisi III Al Muzammil Yusuf dalam uji kepatutan dan kelayakan calon Kopolri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/13).

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi III dari FPAN Taslim Caniago yang sekaligus mempertanyakan kendala berlarut-larutnya pembahasan usulan yang mendapat perhatian luas masyarakat tersebut. Ia meminta kandidat yang saat ini menjabat Kabereskrim Mabes Polri menyampaikan berapa lama dapat menyelesaikan aturan tersebut.

"Semua sudah meminta Kapolri mengeluarkan peraturan tentang itu. Seharusnya polisi cepat, tanggap dan cerdas dalam mengambil keputusan. Sekarang saya minta berapa lama bapak (calon Kapolri-red) bisa mengeluarkan keputusan itu," tandasnya.

Anggota Komisi III dari FPKB Bachrudin Nashori juga mengungkapkan harapan yang sama sesuai aspirasi yang diterimanya dari sejumlah organisasi perempuan NU. Mereka menurutnya banyak yang terpaksa menyimpan cita-cita menjadi polwan karena Polri menerapkan kebijakan larangan berjilbab.

"Kalau bapak menjadi Kapolri agar dipercepat keluarnya peraturan Polwan dapat mengenakan jilbab. Saya rasa ini merupakan hak asasi bagi setiap individu," pungkas dia. (iky)/foto:wahyu/parle/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Sahroni Minta Polri Usut Tuntas Perubahan Frasa Putusan MK
05-02-2023 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta Polri mengusut tuntas laporan terhadap sembilan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terkait...
Taufik Basari: Komisi III Jadwalkan Ulang Rapat dengan Keluarga Hasya
03-02-2023 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari mengatakan Komisi III DPR bakal mengagendakan ulang Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan...
Jangan Ada Diskriminasi Antarpengguna Jalan
02-02-2023 / KOMISI III
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menolak usulan sepeda motor besar atau moge bisa melintasi jalan tol. Menurut...
Legislator Komisi III Desak Propam Evaluasi Penetapan Mahasiswa UI sebagai Tersangka
01-02-2023 / KOMISI III
Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mendesak Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya memeriksa penyidik yang menetapkan Mahasiswa...