Target Menekan AKI Sulit Tercapai

21-11-2013 / KOMISI IX

Angka kematian ibu (AKI) masih tinggi di Indonesia. Dan target menekan AKI tersebut tampaknya masih sulit tercapai dalam waktu dekat. Persoalannya ada pada sulitnya akses kesehatan masyarakat kita di daerah, selain juga kompetensi tenaga kesehatan yang belum memadai.

Demikian Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati kepada Parlementaria, Kamis (21/11) saat menanggapi hasil survei demografi dan kesehatan Indonesia 2012 dan target pada tahun 2015. Dinyatakan dalam hasil survei tersebut, pada 2012 AKI mencapai 359/100 ribu kelahiran hidup. Sementara target yang ingin dicapai pada 2015, AKI ditekan hingga 118/100 ribu kelahiran hidup.

AKI merupakan salah satu target pembangunan milenium bidang kesehatan (MDGs). Dan angkanya yang masih tinggi di tahun 2012, tampaknya tidak jauh berbeda dengan AKI di tahun 2007. “Angka ini sama seperti di tahun 2007. Seingat saya, di 2010 sudah berkurang menjadi 300. Tapi kemudian 2012 jadi 300 lagi. Ada yang salah dengan AKI,” urai Okky.

Salah satu penyebabnya akses yang sulit ke puskesmas. Atau mungkin para ibu yang datang ke pusat layanan kesehatan, sudah dalam kondisi kritis, sehingga tidak bisa tertolong lagi. Okky menambahkan, BKKBN juga bertanggung jawab atas persoalan ini. Soal pertumbuhan penduduk ini menjadi domain BKKBN untuk bekerja.

Laju pertumbuhan penduduk harus dikendalikan. Dengan begitu, AKI secara otomatis ikut ditekan. Menurut Okky, BKKBN pusat punya visi sendiri soal ini. Dan visi itu harus disamakan dengan daerah.

“Kalau daerah tidak punya visi seperti pusat, akibatnya seperti sekarang. Pertumbuhan enggak bisa ditahan dan AKI semakin meningkat. Semuanya karena tidak ada integrasi pusat dan daerah. Selama para pemimpin daerah tidak punya keberpihakan terhadap ibu, bayi, dan masyarakatnya, maka tingkat kesehatan masyarakat hanya mimpi-mimpi yang sulit diraih,” tadas Okky lagi. (mh), foto : wy/parle/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kasus GGAPA Kembali Muncul, Kurniasih Tagih Keseriusan Pemerintah
06-02-2023 / KOMISI IX
Dua kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) kembali muncul. Kali ini di Jakarta dengan satu kasus, meninggal dunia dan...
Netty Aher Minta Pemerintah Tangani Segera Kasus Diabetes Anak
06-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menyoal tentang meningkatnya kasus diabetes pada anak sebanyak 70 kali lipat pada...
Program Dapur Sehat Diharapkan Berdampak pada Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Gowa
04-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham mengapresiasi Pemerintahan Kabupaten Gowa atas percepatan penurunan stunting. Pemerintah daerah dianggap mempunyai...
Perlu Edukasi dan Keterlibatan Tokoh Masyarakat Guna Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Gowa
03-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Yahya Zaini menilai perlu adanya edukasi dan keterlibatan tokoh masyarakat guna menurunkan angka stunting di...