Komisi IX Minta Asset Sitaan Proyek Vaksin Flu Burung Bisa Dimanfaatkan

27-11-2013 / KOMISI IX

Komisi IX DPR RI meminta asset sitaan  proyek pengadaan pembangunan fasilitas produksi, riset, dan alih teknologi vaksin flu burung untuk manusia bisa dimanfaatkan demi kesehatan manusia.

Menurut Anggota Komisi IX, Zulmiar Yanri (F-PD), tujuan Panja Vaksin Flu Burung Komisi IX adalah  bagaimana asset-asset yang mencapai Rp 1,4 Triliun nilainya bisa dipergunakan.

“Jika   dihitung sejak 2008 sampai 2011 itu sudah mencapai Rp 1,4 Triliun yang dikeluarkan oleh negara. Dan sampai sekarang proses proyeknya ini terhenti karena kasus ini,” kata Zulmiar rapat dengar pendapat Panja Vaksin Flu Burung dengan Wakabareskrim, Anas Yusuf di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (27/11).

“Apakah ada peluang dari segi hukum agar asset yang sudah ada itu bisa dipergunakan demi kesehatan masyarakat”, tanya Zulmiar.

Misalnyadari Kementerian Kesehatan melanjutkan proyek ini, kata Zulmiar. Tetapi terkendala  seperti yang dirinya  lihat di PT Bio Farma, Bandung,  alat-alat itu disegel dengan police line.

“Tidak ada yang berani walaupun sudah sekian tahun mungkin sudah expired atau karatan dan lain-lain, padahal belinya ratusn miliar,” jelasnya.

Sependapat dengan Zulmiar, Poempida Hidayatullah (F-PG),  menyatakan ketika sudah terjadi suatu discrimetimesis yang cukup besar dalam suatu proyek, proyek tersebut didrop saja. Kemudian alat-alat yang ada  dicoba dijual kembali kedalam konteks yang bisa dimanfaatkan dalam kegiatan lain.

“Hal ini untuk menyelematkan uang negara yang sudah terlanjur terpakai untuk membeli alat-alat tersebut,” tegas Poempi. (sc), foto : naefuroji/parle/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Kasus GGAPA Kembali Muncul, Kurniasih Tagih Keseriusan Pemerintah
06-02-2023 / KOMISI IX
Dua kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak (GGAPA) kembali muncul. Kali ini di Jakarta dengan satu kasus, meninggal dunia dan...
Netty Aher Minta Pemerintah Tangani Segera Kasus Diabetes Anak
06-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher menyoal tentang meningkatnya kasus diabetes pada anak sebanyak 70 kali lipat pada...
Program Dapur Sehat Diharapkan Berdampak pada Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Gowa
04-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham mengapresiasi Pemerintahan Kabupaten Gowa atas percepatan penurunan stunting. Pemerintah daerah dianggap mempunyai...
Perlu Edukasi dan Keterlibatan Tokoh Masyarakat Guna Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Gowa
03-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Yahya Zaini menilai perlu adanya edukasi dan keterlibatan tokoh masyarakat guna menurunkan angka stunting di...