Pemerintah Sampaikan Progres Persiapan Implementasi JKN

28-11-2013 / KOMISI IX

Pemerintah dalam hal ini diwakili Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi menyampaikan progres persiapan implementasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang akan dilaksanakan 1 Januari 2013. 

Menurut Menkes, fasilitas kesehatan yang akan terlibat didalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),  1 Januari 2014 telah cukup memadai, secara bertahap perlu dilakukan perluasan seiring dengan pertambahan peserta.

“Fasilitas kesehatan yang akan digunakan dalam pelaksanaan JKN adalah semua fasilitas kesehatan yang saat ini menjadi provider Jamkesmas, JPK Jamsostek, TNI, Polri dan Askes PNS,” kata Nafsiah dalam rapat kerja dengan Komisi IX, dipimpin Ketua, Ribka Tjiptaning, di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (28/11)

Dijelaskan Nafsiah, bahwa akan dibuat kontrak/perjanjian kerjasama antara fasilitas-fasilitas kesehatan tersebut dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Fasilitas kesehatan tersebut akan melayani 121,6 juta jiwa peserta JKN.

Untuk memperluas akses pelayanan kesehatan kepada peserta JKN, kata Nafsiah, akan dibuka kesempatan provider baru yang ingin bergabung dalam JKN.

Target jumlah fasilitas kesehatan primer yang potensial bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sebanyak 39.729.

“Pelaksanaan uji coba JKN telah berjalan dan disesuaikan dengan perkembangan disesuaikan dengan pengaturan-pengaturan. Uji coba ini akan berlanjut sebagai daerah laboratorium untuk evaluasi perbaikan-perbaikan,” ujar Nafsiah.

Dan perkembangan penyusunan peraturan perundang-undangan keseluruhan telah sampai pada tahap akhir (selesai harmonisasi). (sc), foto : naefuroji/parle/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Program Dapur Sehat Diharapkan Berdampak pada Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Gowa
04-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham mengapresiasi Pemerintahan Kabupaten Gowa atas percepatan penurunan stunting. Pemerintah daerah dianggap mempunyai...
Perlu Edukasi dan Keterlibatan Tokoh Masyarakat Guna Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Gowa
03-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR RI Yahya Zaini menilai perlu adanya edukasi dan keterlibatan tokoh masyarakat guna menurunkan angka stunting di...
Perlunya Kampanye Masif Untuk Turunkan Angka Stunting Di Gowa
03-02-2023 / KOMISI IX
Pemerintah saat ini menargetkan persoalan stunting atau gagal tumbuh kembang anak akibat gizi kronis di seluruh daerah bisa turun menjadi...
Legislator Soroti Pelaksanaan Program PMT Di Batam
03-02-2023 / KOMISI IX
Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay menyoroti efektivitas program pemerintah terkait Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk balita yang mengalami...