Tiongkok Ingin Tingkatkan Investasi

30-06-2014 / PIMPINAN

Republik Rakyat Tiongkok berkomitmen akan meningkatkan nilai investasinya di Indonesia. Hubungan kedua negara yang sangat baik, membuat keduanya saling memberi harapan dan keuntungan ekonomi.

Demikian mengemuka dalam pertemuan Ketua DPR RI Marzuki Alie dengan Duta Besar Tiongkok yang baru untuk Indonesia Xie Feng, di ruang kerja Ketua DPR, Senin (30/6).

“Saya sampaikan hubungan dengan Tiongkok pada posisi yang sangat baik. Tidak ada hal-hal khusus yang mengganggu hubungan antara Indonesia dengan Tiongkok, baik dalam hubungan antar-pemerintah, parlemen, maupun antar-rakyat Indonesia dan Tiongkok,” kata Marzuki.

Pemerintah Tiongkok seperti disampaikan Xie Feng, sangat berminat untuk berinvestasi di Indonesia sebagai bagian dari penguatan hubungan kedua negara. “Tiongkok sudah menyampaikan bahwa ada keinginan untuk meningkatkan investasi di Indonesia. Meningkatnya investasi ini dapat mendorong ekspor Indonesia ke Tiongkok. Dengan demikian akan mengurangi defisit perdagangan antara Indonesia dengan Tiongkok,” jelas Marzuki.

Kerja sama di bidang investasi ini diharapkan bisa saling memberi nilai tambah, baik untuk produk dagang maupun bagi sumber daya yang selama ini belum dikelola dengan maksimal. Dalam kesempatan tersebut, dibicarakan pula tentang kerja sama di bidang olahraga terutama tenis meja. Seperti diketahui, Tiongkok sangat merajai di cabang olahraga yang satu ini.

Marzuki berharap, Tiongkok bisa mendatangkan pelatih profesionalnya ke Indonesia untuk memajukan cabang tenis meja. Secara kebetulan, Marzuki adalah Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Indonesia. Sebaliknya, bagi para atlet tenis meja Indonesia bisa diberi kesempatan belajar ke Tiongkok.

“Kita berharap ada pelatih dari Tiongkok untuk hadir ke Indonesia memberikan pelatihan kepada para pelatih Indonesia. Dan kepada para atlet diberikan kesempatan untuk latihan di Tiongkok. Mudah-mudahan dari kerja sama ini akan meningkatkan prestasi atlet tenis meja Indonesia di masa yang akan datang,” harap Marzuki. (mh), foto : andri/parle/hr.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Tangki Kilang Cilacap Terbakar, Puan Maharani: Segera Audit Sistem Pengamanan Kilang Pertamina
15-11-2021 / PIMPINAN
Prihatin dengan insiden terbakarnya tangka kilang di Cilacap pada Minggu (14/11/2021) lalu, Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani meminta...
Tutup Piala KBPP Polri, Puan Harap Lahir Bibit Atlet Pesepak Bola
14-11-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani menutup turnamen sepakbola Piala Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri usia dini yang...
Rachmat Gobel: Pemda Harus Cari Solusi Atasi Banjir Gorontalo
13-11-2021 / PIMPINAN
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta Pemerintah Daerah Gorontalo harus cepat turun tangan menyelesaikan masalah banjir yang terjadi di...
Panen Padi di Banyuwangi, Puan Dorong Pertanian Dijadikan Agrowisata
12-11-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke Banyuwangi, Jawa Timur dengan turut serta memanen padi...