DPR Harapkan Jepang Perbanyak Investasi di Indonesia

25-07-2014 / BADAN ANGGARAN

Ketua Badan Anggaran DPR RI Ahmadi Noor Supit berharap Jepang dapat memperbanyak investasinya di Indonesia. Apalagi, hubungan Indonesia dengan Jepang sudah berlangsung sudah lama, tak kurang dari 30 tahun.

“Kita berharap investasi Jepang di Indonesia semakin banyak. Kalau Parlemen Jepang dapat meyakinkan pemerintahnya, begitu juga Parlemen Indonesia, tentu investasi ini dapat terus berlangsung. Lagipula ini untuk kepentingan Indonesia yang lebih baik,” jelas Ahmadi usai pertemuan dengan Komisi Anggaran Parlemen Jepang di Gedung Nusantara III, Kamis (24/07).

Dalam kesempatan tersebut, Ahmadi juga mempertanyakan bagaimana Parlemen Jepang membuat kebijakan terkait anggaran negaranya. Karena Jepang menganut sistem parlementer, sehingga proses penganggarannya tentu saja berbeda dengan Indonesia.

‘Indonesia dan Jepang memang agak berbeda, karena Jepang menganut sistem parlementer. Tentu berbeda dengan Indonesia,” imbuh Ahmadi.

Politisi Golkar ini menambahkan, dalam pertemuan juga dibahas kerjasama dibeberapa bidang, seperti pertanian dan sumber daya energi. Apalagi, sampai saat ini posisi Indonesia yang terus mengekspor LNG ke Jepang.

“Jepang menganggap Indonesia mempunyai peran strategis. Sehingga perlu mempererat kerjasama. Mereka menawarkan kerjasama di bidang pertanian dan energi,” imbuh Ahmadi.

Soal energi, tambah Ahamdi, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap hubungan energi kedua negara. Saat ini, Jepang hanya mengimpor LNG saja, tidak ada nilai lebih yang didapat.

“Oleh karena itu ke depannya ada evaluasi, sehingga mendapatkan value edit yang lebih baik bagi Indonesia. Tentu ini sangat bagus. Mereka akan menyampaikan hal ini kepada Perdana Menteri mereka. Kita juga akan menyampaikan hal ini kepada presiden baru, sehingga kerjasama ini dapat berkelanjutan,” tutup Politisi dari Kalimantan Selatan ini. (sf)/foto:odjie/parle/iw.


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Nevi Zuairina Minta Pemerintah Selesaikan Proyek Tol Padang-Pekanbaru Seksi I
27-06-2022 / BADAN ANGGARAN
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Nevi Zuairina meminta pemerintah untuk menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru (Sicincin) seksi I....
Hermanto Ingatkan Ancaman Nyata Krisis Pangan kepada Pemerintah
27-06-2022 / BADAN ANGGARAN
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Hermanto mengingatkan ancaman nyata akan terjadinya krisis pangan. Hal itu sebagaimana disampaikan Presiden Joko...
Marwan Cik Hasan: Tunda Belanja Anggaran yang Baru Berdampak 5-10 Tahun Mendatang
27-06-2022 / BADAN ANGGARAN
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Marwan Cik Hasan meminta penundaan belanja di Tahun Anggaran 2023 yang baru berdampak lima...
Perlu Rekonstruksi Anggaran Belanja Pendidikan Sesuai Amanat Konstitusi
27-06-2022 / BADAN ANGGARAN
Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Muhammad Kadafi menilai perlu adanya rekonstruksi anggaran belanja pendidikan yang sesuai dengan amanat konstitusi...