ANGGOTA DPR DIHARAP LEBIH DIPERCAYA DAN KREDIBEL LEWAT PELATIHAN ESQ

30-11-2009 / PIMPINAN

            Ketua DPR Marzuki Alie berharap, melalui pelatihan ESQ, para anggota dewan akan lebih dipercaya dan kredibel. Selain itu para anggota DPR akan lebih responsif, aspiratif dan menjadi lembaga yang transparan.

            Harapan itu disampaikan Marzuki pada jumpa pers di sela-sela mengikuti pelatihan ESQ di Gedung Menara 165, Cilandak, Jakarta.

            Pelatihan ESQ Angkatan I bagi anggota DPR dan DPD diikuti 120 anggota DPR dan DPD serta sejumlah wartawan dari koordinatoriat DPR/MPR, berlangsung dua hari Sabtu-Minggu 28-29 Nopember 2009.

            Ketua DPR mengatakan, pelatihan ESQ yang merupakan training moral bagi para anggota Dewan ini baru tahap awal dan akan dilanjutkan pada tahap berikutnya.  “ Memang ini inisiatif saya pribadi, dan mendapat dukungan teman-teman bahkan akhirnya diberi pelatihan gratis,” ungkapnya.

            Namun kepada pendiri dan Direktur ESQ Ary Ginanjar Agustian, Ketua DPR mengatakan, selagi yang diberikan ikhlas, maka yakinlah akan diberi balasan yang berlipat ganda dari Allah.

            Marzuki mengatakan, para anggota dewan mempunyai andil yang besar  membangun pencitraan lembaga.  Apalagi dengan berbagai corak dan karakter sangat sulit menyatukannya. Namun, pelatihan ESQ ini memberikan satu latihan dalam rangka merubah moral bangsa secara universal. “Inilah yang menjadi pilihan saya,” kata Marzuki.

            Mengenai keikutsertaan media massa dalam pelatihan ini, Marzuki mengatakan, peran media massa sangat besar dalam memberikan informasi berkenaan dengan tugas-tugas dewan.

            Diharapkan para insan media dapat memberitakan dengan jujur dan tidak memutarbalikkan fakta, “Yang benar harus dikatakan benar, yang salah harus dikatakan salah, sehingga masyarakat memperoleh berita yang memang dapat dipertanggungjawabkan.” tegasnya.  

            Harapan yang sama disampaikan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang membuka pelatihan ESQ bagi anggota DPR dan DPD,  para anggota Dewan periode 2009-2014 telah mengawali dengan tradisi baru berupa pelatihan moralitas. “ ESQ tidak menggurui, tetapi mengajak kita semua untuk mengamalkan ajaran agama secara baik dan utuh. Melalui metode ini saya optimis, cita-cita Indonesia Emas tahun 2020 akan tercapai,” ungkap Priyo.

            Pada acara pelatihan ini, Ketua DPR Marzuki Alie berkesempatan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan ESQ melalui Direkturnya Ary Ginanjar Agustian. Penandatanganan MoU juga dilakukan dengan DPD yang ditandatangi Ketuanya Irman Gusman.

            Ary Ginanjar mengatakan, alumni ESQ hingga 26 Nopember 2009 berjumlah 782.307 orang atau total seluruh angkatan ESQ mencapai 4.794 angkatan. Berbagai kalangan telah mengikuti pelatihan ini seperti guru-guru, pejabat BUMN, pejabat pemerintah bahkan ESQ juga menyelenggarakan pelatihan gratis para napi di beberapaa lembaga pemasyarakatan.

              “ Saya bercita-cita memberikan pelatihan gratis kepada satu juta guru di berbagai wilayah di Indonesia,” ujarnya.

Ia menyebut tujuan pelatihan ESQ membuat lembaga-lembaga pemerintah dan lembaga perwakilan dipercaya. “ Tidak hanya amanah intelektual, tetapi juga memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual,” kata Ary Ginanjar. (mp,tt)


  • SHARES
BERITA TERKAIT
Puan Maharani: Terima Kasih Tim Thomas Cup RI Sudah ‘Kibarkan’ Merah Putih di Dada Kita Semua
18-10-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani memberikan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan tim bulu tangkis putra Indonesia memboyong Piala...
Gus Muhaimin: Indikator Pembangunan Sukses Bukan Hanya Ekonomi, Tapi Bahagia
17-10-2021 / PIMPINAN
Tujuan utama setiap negara melakukan pembangunan ekonomi adalah untuk memperoleh kemakmuran, baik kemakmuran bagi negara maupun kemakmuran bagi penduduknya. Indikator...
Puan Maharani Dukung Polri Tindak Tegas Pinjol Ilegal
16-10-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani memberi dukungan kepada jajaran Polri yang tegas memberantas praktik-praktik pinjaman online (pinjol) ilegal....
Puan Maharani Minta Aturan Prokes Dijalankan Secara Tegas
15-10-2021 / PIMPINAN
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani mengingatkan agar aturan karantina bagi siapapun yang baru datang dari luar negeri dijalankan...