Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
EVA STEVANY RATABA
No.Anggota
399
Fraksi
Fraksi Partai NasDem
Daerah Pemilihan
SULAWESI SELATAN III
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Eva Stevany Rataba Salurkan Bantuan PIP untuk 13 ribu Siswa Torut

23 Agustus 2021 / Berita Kegiatan Anggota

Anggota DPR RI Komisi X Eva Stevany Rataba menyerahkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2021 kepada Pemerintah kabupaten (Pemkab) Toraja Utara (Torut) di ruang Wakil Bupati Torut, kantor gabungan dinas, bukit Marante Tondon, Jumat (30/7/2021).


Bantuan PIP tahun 2021 melalui jalur aspirasi kepada pemkab Torut ini diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Torut, Frederik V. Palimbong.


Eva mengatakan bantuan melalui jalur aspirasi PIP akan diberikan kepada siswa-siswi di Kabupaten Toraja Utara baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK. Dia berharap bantuan ini dapat dimaksimalkan pemerintah daerah.


"Tujuan utama kedatangan saya adalah bagaimana memajukan sektor pendidikan di kabupaten Toraja Utara dan di seluruh dapilnya, pada tahun 2020 kemarin kita mendapatkan bantuan PIP sebanyak 23 ribu tetapi untuk di tahun 2021 dimana kami telah menginput data dari bulan April, dan kita hanya mendapatkan bantuan 13 ribu lebih yang terbagi menjadi tiga Surat Keterangan (SK)," ungkap Eva.


Diterangkan Eva bahwa total PIP tahun 2021 ini sebanyak 13.317, dimana SK pemberian sebanyak 5.021 siswa, SK Nominasi sebanyak 4.451 siswa dan SK Reject sebanyak 3.845 siswa. 

Dijelaskan Eva bahwa SK pemberian merupakan SK bagi  siswa yang mempunyai rekening di bank, SK nominasi merupakan siswa yang harus mengaktifkan rekening di bank dan SK reject merupakan data siswa yang sebelumnya ditolak karena data siswa di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) tidak sinkron. 


Sementara, untuk SK nominasi sendiri setelah diterbitkan SK maka diberikan waktu kepada orang tua maupun siswa sendiri untuk mengaktifkan rekeningnya sampai bulan Oktober.


Dengan memberikan batuan PIP yang turun dari tahun sebelumnya, Eva berharap agar dinas pendidikan selalu berkordinasi dengan pihak sekolah agar data dapodik siswa di-upgrade setiap tahun agar permohonan atau permintaan bantuan PIP tidak di tolak.


"Oleh karena itu, diminta kepada Dinas Pendidikan dan kepala sekolah untuk senantiasa mengupdate data dapodiknya setiap tahun karena ini yang menjadi acuan untuk pengusulan data PIP agar tidak terjadi reject. Jadi data siswa dan data nik nya sinkron di data dapodik tersebut," imbau Eva.


Anggota Fraksi NasDem ini memberi keterangan bahwa selain PIP, pihaknya juga mengupayakan dan berharap di tahun 2023 akan ada bantuan bangunan Perpustakaan. Kendala bantuan tersebut karena saat ini belum adanya tanah hibah sehingga diharapkan Pemkab Torut segera menyiapkan tanah hibah untuk membangun bangunan tersebut. 

"Pak wakil kami saat ini mengupayakan untuk tahun 2023 akan ada bantuan pembangunan perpustakaan, semoga pemerintah dapat menyediakan lahan, karena di tahun ini kami sudah memberi bantuan melalui jalur aspirasi kepada 3 PAUD bantuan alat peraga, 2 SD dan 2 SMP mendapat bantuan TIK (Laptop), juga bantuan sekolah rehabilitasi pagar dan pembuatan toilet 7," pungkasnya.


Sementara Wakil Bupati Torut, Frederick V. Palimbong mengucapkan ucapan terima kasih kepada Eva atas bantuannya dan berharap bantuan tersebut menjadi berkat untuk Kabupaten Toraja Utara.


"Terima kasih kepada Ibu Eva Stevany Rataba yang memberikan bantuan PIP kepada Pemkab Toraja Utara dan semoga ini menjadi berkat untuk kabupaten kita khususnya di dunia pendidikan. Ke depannya saya intens akan berkomunikasi langsung dengan ibu agar kita terus disupport baik secara langsung maupun melalui pengawalan usulan di Jakarta," pungkas Dedy sapaan akrabnya.

 

https://kabar.news/eva-stevany-rataba-salurkan-bantuan-pip-untuk-13-ribu-siswa-torut

TOTAL KOMENTAR (0)