Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
EVA STEVANY RATABA
No.Anggota
399
Fraksi
Fraksi Partai NasDem
Daerah Pemilihan
SULAWESI SELATAN III
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Sanggar Tari Toraja Meriahkan BISA FEST Kemenparekraf RI Bersama Eva Stevany Rataba

18 Oktober 2022 / Berita Kegiatan Anggota

TORAJA – Upaya mendorong bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Toraja yang terdampak selama selama pandemi Covid-19 terus dilakukan.

Anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi NasDem Eva Stevany Rataba berkolaborasi bersama Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) c.q Direktorat Event Nasional dan International Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar kegiatan BISA Fest dengan tema “Kreasi Seni Tarian Toraja” yang dilaksanakan di Hotel Misiliana, pada Sabtu (08/10/2022).

Kegiatan BISA Fest ini dimeriahkan dengan pementasan Kreasi Seni Tari Toraja dari berbagai Sanggar seni yang ada di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja yakni sanggar tari Dao Bulan, sanggar tari Siangkaran, sanggar tari Toraya, sanggar tari UKM Seni IAKN Toraja, dan sanggar tari MAN Tana Toraja.

Eva Stevany Rataba dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadiran Komisi X DPR RI bersama Kemeparekraf ini adalah wujud komitmen dan keseriusan pemerintah pusat dalam mendorong kemajuan kualitas kepariwisataan Toraja berbasis pada nilai-nilai kebudayaan lokal.

“Kita mau daerahnya kita lebih dikenal lagi melalui sederet prestasi kesenian, kebudayaan, pariwisata dan ekrafnya, sehingga ke depan pariwisata Toraja bersama kebudayaannya lebih meningkat lagi,” ujar Eva Stevany Rataba, saat membuka kegiatan Bisa Fest ini.

Banyaknya nilai-nilai lokalitas seni dan kebudayaan yang dimiliki Toraja dapat menjadi faktor utama pendorong kualitas kepariwisataan daerah.

“Saya berharap Pemda bisa fokus membangun pariwisata dan ekraf di Toraja Utara, bahwa kebudayaan kita harus dilestarikan dengan cara dikenal dan dicintai oleh masyarakat lokalnya sendiri, baru kemudian kita perkenalkan ke dunia luar apa yang menjadi ciri khas dari budaya kita itu,” harap Eva Rataba.

Legislator perempuan Partai Nasdem ini juga hobi menari khususnya tarian Toraja yang ia lakukan sejak belajar di tingkat SMP hingga saat ini.

Hadir dalam kegiatan ini Mei Edi Setyana yang merupakan Perwakilan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) c.q Direktorat Event Nasional dan International Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toraja Utara Matius Sampelalong.

Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Toraja, Romba’ Marannu Sombolinggi’ hadir sebagai narasumber tentang tari kreasi Toraja.

Lima sanggar tari menampilkan tarian Toraja. Penampilan mereka mendapat apresiasi dari perwakilan Kemenparekraf RI dan hadirin.

Sementara Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja Divisi Tari, Betria Putri menyampaikan rasa syukur bisa diberi kesempatan UKM Seni IAKN Toraja tampil dalam event Bisa Fest.

“Ini menambah pengalaman kami dan menjadi ilmu baru bagi kami tentang tarian toraja sebenarnya, dimana sebelum tampil dalam Bisa Fest, kami diperikan pemahaman bagaimana seharusnya tarian toraja itu ditampilkan,” ungkap Betria Putri

Betria Putri mewakili UKM Seni IAKN Toraja juga menyampaikan terima kasih kepada Eva Stevany Rataba yang mendukung sanggar tari mereka untuk terus berkreasi.

 

(Media Center ESR)https://infotoraja.com/sanggar-tari-toraja-meriahkan-bisa-fest-kemenparekraf-ri-bersama-eva-stevany-rataba/

TOTAL KOMENTAR (0)